EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

Kehidupan manusia merupakan sutu proses. Kehidupan manusia masa kini berkat proses yang berlangsung selama ini; baik sadar ataupun tak terduga dalam mengendalikan faktor-faktor pengendali kualitas kehidupan. Begitu pula kehidupan manusia di bumi 100 tahun lagi; yang merupakan kelanjutan kehidupan manusia pada masa kini. Banyak faktor-faktor kehidupan telah diperbaiki; tapi tidak kalah banyaknya pula faktor kehidupan telah dirusak oleh manusia pada masa kini. Yang jelas kehidupan manusia 100 tahun lagi di Bumi ini pasti akan sangat jauh berbeda; yang bahkan jangan jangan tak terduga. Manusia masa lalu dikuasai oleh lingkungan, manusia masa sekarang, manusia yang menguasai lingkungan. Apalagi semakin berkembangnya IPTEK, manusia tampak sangat menguasai lingkungan ini.

Bagaimana menurut anda evolusi manusia masa depan akibat dari perkembangan IPTEK…???

Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

47 Balasan ke EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

  1. Kel Junedi berkata:

    NAMA : KEL JUNEDI
    NIM : 07121001028
    FAKULTAS : FISIP
    JURUSAN : ADMINISTRASI NEGARA
    1. Teknologi Menjadi Raja (100 Tahun Lagi)
    ৣ Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    Pada saat ini teknologi digunakan untuk mengantikan bagian tubuh yang cacat atau rusak. Kita memakai kaca mata mengatasi masalah pengligatan, kita memakai sendi prostetik untuk sendi yang rusak dan jantung buatan untuk mengantikan jantung yang rusak. Ketika frekwensi semakin tinggi dan semakin umum untuk penggantian atau penyempurnaan bagian tubuh yang rusak, secara generic manusia mulai berubah. Timbul toleransi tinggi tubuh manusia untuk menerima benda-benda asing di dalam tubuhnya. Penolakan secara genetis semakin turun.
    Disisi lain teknologi tidak lagi digunakan untuk mengantikan bagian tubuh yang rusak, akan tetapi teknologi secara sengaja mulai digunakan mengantikan organ tubuh untuk meningkatkan kemampuannya. Pada otak kita mungkin akan dicangkokkan interface elektronik yang memungkinkan kita berinteraksi dengan perangkat komputer. Jika kita mencari informasi, mungkin kita mempunyai pilihan mencari di memori otak kita atau mencari dengan google hanya dengan kahendak kita. Google maps dalam otak kita akan selalu terhubung dengan internet.
    Masalah yang timbul pada era ini adalah timbulnya kesenjangan luar biasa antara yang kaya dengan yang miskin. Orang kaya dengan mudahnya menambahkan berbagai teknologi dalam tubuhnya yang dengannya mereka mampu mengalahkan orang miskin dalam persaingan kerja dan persaingan hidup.
    Salah satu hal yang perlu diperkirakan bagi masyarakat masa depan adalah perkembangan iptek. Perkembangan iptek demikian cepatnya sehingga sekolah selalu ketinggalan untuk mengikutinya, sehingga sekolah tidak siap untuk membekali lulusannya dengan kemajuan iptek yang akan ditemui di masyarakat. Misanya saja, di sekolah anak-anak diberi pelajarn mengetik denga mesin ketik, padahal dimasyarakat mesin ini sudah tidak dipakai. Di sekolah diberi pelajaran computer, padahal di duni pekerjaan komputer yang seperti itu sudah ketinggalan zaman.
    ৣ Arus Komunikasi yang Semakin Cepat dan Padat
    Tidak terlepas dengan perkembangan iptek, maka masa datang adalah masa dimana arus komunikasi semakin cepat dan padat, karena cepatnya komunikasi maka informs mengenai sesuatunya tidak lagi menunggu waktu sampai kepada seantero dunia, orang makin cepat memperoleh pengetahuan baru, makin cepat menguasai dan memakai penemuan-penemuan baru dan teknologi baru. Hal ini tak akan memungkinkan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan sehingga masa mendatang merupakan masa yang sangat dinamis, sangat cepat berubah. Karena cepatnya komunikasi orang yang beada di luar negeri, orang yang sedang berada di Negara lain tidak merasa jauh dengan tempat tinggalnya, tidak merasa adanya masalah untuk pergi sejauh mungkin baik untuk studi maupun bisnis, sehingga dunia dirasakan semakin mudah untuk dijangkau, dan selanjutnya arus komunikasi semakin padat. Kecepatan arus komunikasi merangsang pihak-pihak tertentu untuk menciptakan dan menghasilkan system dan alat komunikasi yang lebih canggih lagi, sehingga dapat dikatakan masa datang itu adalah masa era komunikasi.
    ৣ Peningkatan Pelayanan yang Semakin Profesional
    Dapat diperkirakan bahwa masyarakat masa depan adalah masyarakat yang menggunakan tenaga-tenaga spesialis, semua serba spesialis, barang kali dapat juga disebut era spesialisasi. Sejalan dengan kecenderungan globalisasi, maka setiap Negara adalah mendunia, memiliki perspektif global, berorientasi internasional. Hotel-hotel, rumah sakit internasional, begitu juga bank, pelabuhan udara dan pelabuhan laut dan sebagainya.
    Dengan orientasi yang mendunia ini setiap layananpun akan ditingkatkan setaraf dengan layanan yang berlaku secara internasional, untuk tenaga-tenaga yang disiapkan adalah tenaga yang spesialis, berkompeten dan professional. Kalau dahulu untuk menjadi karyawan hotel persyaratannya tidaklah sukar, tetapi sekarang karena tuntuan profesionalitas, maka mereka harus lulusan akademi perhotelan, menguasai beragam bahasa asing. Muncullah berbagai akademi dan sekolah khusus seperti akademi pariwisata, sekolah menengah pariwisata, program diploma 3, 2 dan 1 dalam bidang perbankan, sekretaris, manajemen dan bahasa asing. Barangkali sudah banyak sekali sekolah atau akademi yang menyiapkan tenaga-tenaga spesial dan professional ini untuk meningkatkan pelayanan di era yang mendunia yang akan datang.

  2. Menurut saya mengenai evolusi manusia terutama pada masa 100 tahun yang akan datang ,ini hal yang menarik untuk dibahas. seperti yang kita ketahui kita tidak akan tau apa yang akan terjadi nanti ,sedangkan hari esok saja kita belum tentu bisa mengetahuinya,tapi melihat kondisi yang terjadi saat ini .kita telah bisa memprediksi apa yang akan terjadi untuk masa 100 tahun yang akan datang , saya khawatir di masa yang akan datang itu semua teknologi yang awalnya diciptakan oleh manusia lama kelamaan teknologi tersebut akan menguasai kita sebagai manusia.bagaimana tidak bila manusia nantinya hanya akan mengandalkan teknologi,dan saya yakin dengan semua teknologi yang akan mempermudah manusia itu.manusia jaman 100 tahun nanti akan menjadi manusia yang malas semua akan dialih fungsikan semua kegiatan dan rutinitas yang dilakukakan manusia biasanya akan diambil alih oleh teknologi yang canggih nantinya.

    ada beberapa pemikiran saya yang akan mungkin terjadi pada 100 tahun yang akan datang ,yaitu :
    1. kehidupan tidak hanya dibumi
    mengapa saya katakan tidak hanya dibumi,karena pada masa sekarang saja . planet “mars” sudah mulai di huni oleh manusia . saya pernah menonton berita mengenai hunian di planet mars dengan biaya yang cukup mahal dan manusia yang mendaftar telah mencapai 10.000 orang, untuk tahun kita 2013 ini saja sudah akan dimulai kehidupan di mars . apalagi kalau kita bayangkan 100 tahun yang akan datang .apa yang terjadi. bisa saja nantinya ada study tour ke planet mars.dan perjalanan ke planet mars akan menjadi hal yang biasa. dan penduduk akan semakin berkembang disana sehingga akan membentuk kehidupan yang baru.

    2.manusia robot
    pada saat ini saja sudah banyak penemuan mengenai robot,mulai dari robot yang hanya bisa bicara sampai robot yang menyerupai manusia. apalagi nanti semua nya akan diambil alih oleh robot . sekarang saja sudah ada robot pembersih yang bisa membantu manusia.dan pasti karena kecangihan teknologi nantinya robot bukan sesuatu yang asing buat kita.saya membayangkan akan ada yang namanya “plagiat manusia” yaitu robot itu sendiri semua aktifitas manusia akan dikerjakan oleh robot.dan manusia hanya memerintah. contohnya ” berbelanja ” kita hanya memerintah “belikan bahan-bahan ini kepasar” dan dengan kecangihan robot itu dia akan pergi dan membelinya.robot yang bisa bicara dan berjalan seperti manusia itu akan terjadi.

    3.benda otomatis
    pada 100 tahun nanti kita tidak akan susah payah membuka pintu ,kita hanya teriak”buka pintu” secara otomatis pintu akan terbuka.semua benda bisa berfungsi hanya dengan sensor atau sentuhan atau suara.

    4.otak komputer
    memori otak manusia bisa mengolah data secangih komputer nantinya. saya terinspirasi dari film “ironman” dimana apa yang ada dipikiran dia secara otomatis akan diolah di otaknya dengan sistem seperti komputer.

    5.kendaraan diangkasa
    nantinya akan ada bandara diawan , dan lalu lintas diudara akan terjadi. mobil-mobil akan bisa terbang dan juga kendaraan lainnya .

    6.kehidupan di laut
    bukan hanya ikan dan makluk laut lainnya yang hanya tinggal di air. nanti akan ada kehidupan manusia dibawah laut. akan ada tempat tinggal, penginapan dan kehidupan sebagaimana di daratan.

    masih banyak hal yang bisa terjadi di 100 tahun yang akan datang, saya juga terinspirasi dari film doraemon .mungkin nanti semua manusia akan mempunyai kantong ajaib yang akan mempunyai pintu kemana saja dan berbagai alat yang bisa melakukan segalanya.

    sekian pendapat saya mengenai evolusi manusia . semoga pada saat nya nanti manusia akan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin sesuai manfaatnya .

    wassalammualaikum.wr.wb

  3. NAMA: AULIA UTAMI PUTRI
    NIM:07121001034

  4. adwiyana berkata:

    Assalamu’alaikum

    Evolusi Manusia yang Diakibatkan Perkembangan Teknologi

    Kehidupan manusia merupakan sutu proses. Kehidupan manusia masa kini berkat proses yang berlangsung selama ini baik sadar ataupun tak terduga dalam mengendalikan faktor-faktor pengendali kualitas kehidupan. Begitu pula kehidupan manusia dibumi ratusan tahun yang akan datang, yang merupakan kelanjutan kehidupan manusia pada masa kini. Perubahan yang terjadi pada manusia masa lalu mengikuti deret tambah, sedangkan perubahan kehidupan manusia pada masa yang akan datang mengikuti deret ukur.

    Menurut saya evolusi manusia atau kehidupan 100 tahun yang akan datang sangatlah jauh berbeda dengan kehidupan pada saat ini, dapat dipastikan bahwa teknologi-teknologi pada 100 tahun yang akan datang akan sangat jauh lebih canggih dari sekarang. Namun dapat kita bayangkan manusia di saat itu akan menjadi manusia yang malas untuk menggunakan fisiknya dan tentunya juga pada kehidupan 100 tahun yang akan datang manusia akan sulit menemukan sumber daya alam dan kekayaan alam di bumi. Contohnya saja teknologi yang ada pada saat ini yaitu mobil dan motor, telah nyata kita lihat dengan adanya mobil dan motor pada saat ini manusia sangat malas untuk beraktivitas dengan bersepeda atau berjalan kaki, manusia ingin sesuatu yang instan, instannya itu tentunya bila kita pikirkan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Sehingga tidak dapat kita pungkiri banyaknya jumlah kendaraan bermotor atau mobil yang ada membuat kelangkaan pada sumber daya bahan bakar minyak, dapat kita temui antrian panjang pada SPBU, ini mebuktikan bahwa sudah mulai langkanya sumber daya alam yang ada di muka bumi, dan seperti kita ketahui polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dapat menipiskan lapisan atmosfer yang tentunya berbahaya bagi kehidupan di bumi.

    Mungkin pada kehidupan 100 tahun yang akan datang akan adanya teknologi robot yang dapat melayani selurunya kebutuhan aktivitas manusia, tapi apakah dipikirkan sebelumnya dengan teknologi seperti ini mungkin manusia dikehidupan 100 tahun yang akan datang ini akan menjadi malas menggunakan akal pikiran dan malas menggunakan fisiknya karena segala sesuatu telah diperoleh dengan sangat instan, ini akan mengakibatkan manusia menjadi malas berpikir bagaimana caranya lagi menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih maju atau mungkin nanti kehidupan 100 tahun yang akan datang kehiupan manusia dikuasai oleh robot dikarenakan manusia telah malas mencari teknologi baru dan telah ketergantungan terhadap kemampuan kerja. Robot akan persis menyerupai manusia, mungkin yang membedakan hanya pada organ dalam dan dari segi sebuah “perasaan”

    Pakaian manusia juga mungkin lebih protektif contohnya anti radiasi atau jika oksigen sudah sangat terbatas maka diperlukan pakaian layaknya astronot untuk hidup di bumi ini. Selain itu, menurut saya bumi 100 juta tahun mendatang sudah tidak lagi memerlukan daratan, manusia sudah berevolusi seperti seekor burung yang mencari daratan ketika dia istirahat. Banyak ditemukan bahan-bahan pengganti tanah yang bebas dari gravitasi sehingga ada pulau yang mengapung di langit.

    Teknologi sains dan inovasi ditahun 3.000 sangat canggih jikalau dibandingkan dengan keadaan pada hari ini. Sains dan teknologi akan meningkat lebih maju pada tahun-tahun akan datang.
    Ditahun 3.000 terdapat beberapa jenis manusia. Pertama, manusia bionik yang mempunyai bagian anggota badannya diganti dengan bagian robot. Kedua, manusia yang mempunyai anggota badannya dari pada gantian klon. Ketiga, manusia klon. Keempat, manusia yang dipertingkatkan keupayaannya dari pada manipulasi gen DNA. Kelima, robot yang menyerupai manusia dan keenam, manusia biasa atau pun manusia yang tidak mempunyai apa-apa kelainan pada tubuh badannya. Walaupun terdapat perbezaan pada bentuk tubuh manusia tahun 3.000, tetapi manusia tetap manusia tidak ada kelainan species manusia akan wujud pada tahun itu.

    Wassalamu’alaikum

  5. adwiyana berkata:

    NAMA : ADWIYANA
    NIM : 07121001110

    Assalamu’alaikum

    Evolusi Manusia yang Diakibatkan Perkembangan Teknologi

    Kehidupan manusia merupakan sutu proses. Kehidupan manusia masa kini berkat proses yang berlangsung selama ini baik sadar ataupun tak terduga dalam mengendalikan faktor-faktor pengendali kualitas kehidupan. Begitu pula kehidupan manusia dibumi ratusan tahun yang akan datang, yang merupakan kelanjutan kehidupan manusia pada masa kini. Perubahan yang terjadi pada manusia masa lalu mengikuti deret tambah, sedangkan perubahan kehidupan manusia pada masa yang akan datang mengikuti deret ukur.

    Menurut saya evolusi manusia atau kehidupan 100 tahun yang akan datang sangatlah jauh berbeda dengan kehidupan pada saat ini, dapat dipastikan bahwa teknologi-teknologi pada 100 tahun yang akan datang akan sangat jauh lebih canggih dari sekarang. Namun dapat kita bayangkan manusia di saat itu akan menjadi manusia yang malas untuk menggunakan fisiknya dan tentunya juga pada kehidupan 100 tahun yang akan datang manusia akan sulit menemukan sumber daya alam dan kekayaan alam di bumi. Contohnya saja teknologi yang ada pada saat ini yaitu mobil dan motor, telah nyata kita lihat dengan adanya mobil dan motor pada saat ini manusia sangat malas untuk beraktivitas dengan bersepeda atau berjalan kaki, manusia ingin sesuatu yang instan, instannya itu tentunya bila kita pikirkan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Sehingga tidak dapat kita pungkiri banyaknya jumlah kendaraan bermotor atau mobil yang ada membuat kelangkaan pada sumber daya bahan bakar minyak, dapat kita temui antrian panjang pada SPBU, ini mebuktikan bahwa sudah mulai langkanya sumber daya alam yang ada di muka bumi, dan seperti kita ketahui polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dapat menipiskan lapisan atmosfer yang tentunya berbahaya bagi kehidupan di bumi.

    Mungkin pada kehidupan 100 tahun yang akan datang akan adanya teknologi robot yang dapat melayani selurunya kebutuhan aktivitas manusia, tapi apakah dipikirkan sebelumnya dengan teknologi seperti ini mungkin manusia dikehidupan 100 tahun yang akan datang ini akan menjadi malas menggunakan akal pikiran dan malas menggunakan fisiknya karena segala sesuatu telah diperoleh dengan sangat instan, ini akan mengakibatkan manusia menjadi malas berpikir bagaimana caranya lagi menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih maju atau mungkin nanti kehidupan 100 tahun yang akan datang kehiupan manusia dikuasai oleh robot dikarenakan manusia telah malas mencari teknologi baru dan telah ketergantungan terhadap kemampuan kerja. Robot akan persis menyerupai manusia, mungkin yang membedakan hanya pada organ dalam dan dari segi sebuah “perasaan”

    Pakaian manusia juga mungkin lebih protektif contohnya anti radiasi atau jika oksigen sudah sangat terbatas maka diperlukan pakaian layaknya astronot untuk hidup di bumi ini. Selain itu, menurut saya bumi 100 juta tahun mendatang sudah tidak lagi memerlukan daratan, manusia sudah berevolusi seperti seekor burung yang mencari daratan ketika dia istirahat. Banyak ditemukan bahan-bahan pengganti tanah yang bebas dari gravitasi sehingga ada pulau yang mengapung di langit.

    Teknologi sains dan inovasi ditahun 3.000 sangat canggih jikalau dibandingkan dengan keadaan pada hari ini. Sains dan teknologi akan meningkat lebih maju pada tahun-tahun akan datang.

    Ditahun 3.000 terdapat beberapa jenis manusia. Pertama, manusia bionik yang mempunyai bagian anggota badannya diganti dengan bagian robot. Kedua, manusia yang mempunyai anggota badannya dari pada gantian klon. Ketiga, manusia klon. Keempat, manusia yang dipertingkatkan keupayaannya dari pada manipulasi gen DNA. Kelima, robot yang menyerupai manusia dan keenam, manusia biasa atau pun manusia yang tidak mempunyai apa-apa kelainan pada tubuh badannya. Walaupun terdapat perbezaan pada bentuk tubuh manusia tahun 3.000, tetapi manusia tetap manusia tidak ada kelainan species manusia akan wujud pada tahun itu.

    Wassalamu’alaikum

  6. Kita tidak akan pernah bisa tahu apa yang akan terjadi di hari esok, dan seterusnya.. kita hanya bisa memikirkan sebuah analisa kecil untuk kita bayangkan di masa depan, kita dapat melakukan hal-hal kecil hari ini untuk kita sambungkan kembali di esok hari..

    Saya memiliki prediksi untuk 100 tahun yang akan datang..
    Dalam aspek kehidupan manusia, mungkin untuk sekarang semuanya belum logis, tetapi jika kita lihat dari aspek perkembangan IPTEK yang begitu maju (sekarang) mungkin pemikiran ini dapat di terima dengan akal sehat..yah.. akal “sehat”..
    Mungkin..
    1. Robot akan persis menyerupai manusia, mungkin yang membedakan hanya pada organ dalam dan dari segi sebuah “perasaan”
    Dan menurut saya, robot yang menyerupai manusia tersebut akan memiliki tingkat kecerdasan melebihi rata-rata seorang manusia pada umumnya.. bahkan prediksi saya, robotlah yang akan memerintah manusia dalam menjalankan sebuah tugas atau sekadar memberi informasi tentang apa yang harus di lakukan.

    2. Saya mulai memprediksi dalam aspek teknologi di dalam rumah tangga, mungkin 100 tahun yang akan datang, sebuah rumah memiliki teknologi yang sangat canggih, terkontrol hanya dengan melalui perintah suara, misalnya, ketika kita berdiri di depan pintu rumah dan hendak pergi mengendarai mobil dan kemudian berkata “keluarkan mobil” maka dengan sendirinya, rumah itu akan memanjakan kita dengan langsung menyiapkan mobil di halaman rumah. Adapun “khayalan” saya, ketika kita memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu hal, misalnya saja makan, kita tidak perlu berjalan menuju dapur, tetapi cukup hanya dengan melihat ke arah dapur dan berkata “saya lapar” maka dengan canggihnya, meja dan segala macam isi di atasnya akan berjalan dengan sendirinya menuju posisi kita. Semua terasa sangat mudah karena teknologi yang begitu canggih.

    3. Saya beralih pada aspek pendidikan, 100 tahun yang akan datang mungkin anak-anak yang menduduki posisi Play Group atau TK, sudah di ajarkan bagaimana cara merakit robot manusia, pada jenjang Sekolah Dasar, mereka mulai membuat robot itu lebih kompleks, Sekolah Menengah Pertama mereka lebih menyempurnakan robot manusia itu dengan merakit otak yang taraf kecerdasannya melebihi mereka yang merakitnya, dan bagaimana pada posisi Sekolah Menengah Atas dan dalam Perguruan Tinggi nantinya? Mungkin mereka yang akan di rakit oleh robot-robot itu sendiri. Canggih bukan? Itu hanya sebuah prediksi semata.

    4. Dalam dunia kesehatan 100 tahun kedepan, mungkin manusia yang sakit dapat terhitung oleh jari, karena semua penyakit akan ada obatnya, melalui teknologi yang super canggih, mereka (manusia) akan menemukan hal-hal lebih baru yang berkaitan erat dalam pembasmian penyakit-penyakit yang ada dalam kehidupan.

    5. 100 tahun yang akan datang, mobil tidak lagi berjalan di atas aspal, dan tidak akan ada lagi kemacetan lalu lintas, karena semua mobil dapat berjalan melalui udara (terbang).

    Masih banyak hal yang dapat terjadi nanti, semua hanya Tuhan yang tahu..
    Sekian dari saya.. wassalamualaikum wr.wb.

    Devita Saraswati Raja (07121001046)

  7. Ajeng Binardini berkata:

    Ajeng Binardini
    07121001087
    MPK IV
    Mata Kuliah Ilmu Kealamian Dasar
    Dosen Pengasuh : Dr. Sanjaya

    EVOLUSI MANUSIA AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cukup pesat sekarang ini sudah menjadi realita sehari-hari bahkan merupakan tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman.
    Menurut gambaran saya, akan banyak sekali perubahan manusia dan kehidupannya kedepan. Berikut ini bentuk dampak evolusi IPTEK terhadap evolusi manusia:
    1. Gambaran fisik tubuh manusia yang berubah
    a. Manusia akan menjadi lebih tinggi, sekitar 180-210 cm, karena faktor gizi yang lebih baik dan kemajuan ilmu kedokteran.
    b. Lengan dan jari lebih panjang untuk mengurangi kebutuhan mencapai ujung terlalu jauh. Saraf di tangan dan jari-jari akan meningkat karena penggunaan perangkat yang lebih besar seperti iPhone yang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang kompleks.
    c. Ukuran otak menjadi lebih kecil karena tugas menghafal dan berpikir lebih banyak dilakukan oleh komputer.
    d. Mata akan semakin besar untuk mengkompensasi mulut yang semakin kecil. Sehingga komunikasi akan bergantung pada ekspresi wajah dan gerakan mata.
    e. Memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit. Bahkan bisa mendapatkan nutrisi dari cairan atau pil di masa depan, yang bisa berarti gigi semakin kurang dan rahang surut.
    f. Memiliki bentuk hidung yang sama karena iklim kurang berpengaruh. Pengkondisian udara sudah bergantung pada AC atau pemanas sentral.
    g. Rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik.
    h. Timbul toleransi tinggi tubuh manusia untuk menerima benda-benda asing dalam tubuhnya. Teknologi tidak lagi digunakan untuk menggantikan bagian tubuh yang rusak, akan tetapi teknologi mulai secara sengaja digunakan untuk menggantikan organ tubuh untuk meningkatkan kemampuannya. Pada otak kita mungkin dicangkokkan interface elektronik yang memungkinkan kita berinteraksi dengan perangkat komputer. Jika kita mencari informasi, mungkin kita mempunyai pilihan mencari di memory otak kita atau mencarinya lewat Google hanya dengan kehendak kita. Atau kita tidak mungkin lagi tersesat karena Google Map ada dalam benak kita dan kita selalu terhubung ke Internet.

    2. Penyatuan Budaya dan Ras
    Manusia mulai membentuk budaya yang tunggal. Hal ini sudah dimulai saat ini, dimana secara perlahan-lahan kebudayaan kecil mulai melebur ke kebudayaan yang besar. Internet, film, musik serta model dari budaya pop memicu proses ini. Hal ini diikuti dengan berbagai atribut budaya lainnya seperti masakan, model pakaian, model bangunan. Puncak proses ini adalah memusatnya budaya dunia menjadi satu atau dua jenis saja. Perkawinan antar ras menjadi hal yang lumrah seiring semakin membaurnya ras manusia. Secara genetis, ras manusia yang beragam akan mulai melebur. Peleburan ini menjadi tak terelakkan.

    3. Terdapat kehidupan selain di Bumi
    Para astronom berpendapat dan behkan berkeyakinan bahwa planet Mars berpeluang besar memiliki kehidupan. arena Mars itu dianggap semacam bumi kembar dengan bumi kita ini. la adalah planet yang berikutnya di balik bumi kita jika di tinjau dari letak jaraknya terhadap matahari. Mars memiliki garis tengah separoh dari bumi kita, dan berputar sekeliling matahar! dalam jangka waktu dua tahun. Namun ukuran hari di Mars berlangsung hampir sama panjangnya dengan panjangnya hari di bumi kita ini.

    Perkembangan iptek, terutama teknologi informasi (information technology) seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat. Perkembangan IPTEK juga tidak pernah lepas dari perkembangan manusia, perkembangan dari keduanya membentuk evolusi yang terjadi secara beriringan. Pada akhirnya juga akan menimbulkan dua sisi dampak yang berbeda, yaitu perkembangan positif dan negatif.
    Menurut saya dua sisi dampak yang dapat terjadi bergantung pada bagaimana manusia memanfaatkannya, bagaimana manusia tetap memanfaatkan IPTEK sebagai media untuk membantu mempermudah kehidupan, bukan sebagai pengganti penggerak aktivitas sehingga akan berdampak buruk terhadap manusia itu sendiri. Karena pada dasarnya, manusia juga harus tetap menjaga keseimbangan kehidupannya. Dalam melakukan segala aktivitasnya, manusia memang dituntut untuk total dalam mengerjakannya, sehingga manusia membutuhkan teknologi untuk mengurangi beban pekerjaan demi kefektifan waktu dan hasil pekerjaan. Namun bukan berarti manusia menjadi tidak beraktivitas karena tersedianya teknologi yang dapat meringankan beban pekerjaan tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang ada, hendaknya manusia tetap dapat menjaga keseimbangan tubuh.

  8. intan falevy berkata:

    nama : intan falevy
    nim : 07121001036

    jika kita melihat masa sekarang sungguh jauh berbeda dengan masa dahulu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menguasai semua hajat kehidupan manusia. apalagi jika kita berpikir dan berbicara tentang “evolusi kehidupan manusia 100 atau 1000 tahun yang akan datang”.
    kemungkinan besar 100 atau 1000 tahun yang akan datang, ilmu pengetahuan dan teknologi yang awalnya dibuat dan dirancang manusia akan mengalahkan semua kinerja otak kita, yang dulunya kita yang mengendalikan teknologi mungkin bisa jadi teknologi yang mengendalikan manusia. manusia yang akan datang mungkin sifat dan wujudnya semakin aneh dikarenakan teknologi menguasai mereka.

    Sudah banyak para ilmuan yang atau bahkan orang awam sekalipun yang menerka-nerka bagaimana bentuk tubuh manusia di masa depan. Kemajuan transportasi dan teknologi informasi mulai menimbulkan efek bagi ras manusia. Batas-batas geografis yang dahulunya mengakibatkan beragam ras manusia mulai tidak relevan. Manusia bergerak tanpa batasan Negara untuk mencapai penghidupan, jodoh, maupun tempat tinggal. Tak ada lagi isolasi budaya dan fisik. Puncak proses ini adalah memusatnya budaya dunia menjadi satu atau dua jenis saja.

    Berikut adalah gambaran fisik tubuh manusia yang diprediksi oleh para ahli dalam 1000 tahun dari sekarang, seperti dilansir Thesun, Sabtu (6/10/2012):

    1. Manusia akan menjadi lebih tinggi, sekitar 180-210 cm, karena faktor gizi yang lebih baik dan kemajuan ilmu kedokteran. Osteopath Garry Trainer, dari London, mengatakan bahwa tinggi rata-rata orang Amerika adalah sekitar 1inci lebih tinggi dari tahun 1960 lalu.

    2. Usus menjadi lebih pendek sehingga tidak menyerap lebih banyak lemak dan gula. “Ini adalah cara alami untuk mencegah kegemukan,” ujar dokter gigi Dr Philip Stemmer.

    3. Lengan dan jari lebih panjang untuk mengurangi kebutuhan mencapai ujung terlalu jauh. Saraf di tangan dan jari-jari akan meningkat karena penggunaan perangkat yang lebih besar seperti iPhone yang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang kompleks.

    4. Ukuran otak menjadi lebih kecil karena tugas menghafal dan berpikir lebih banyak dilakukan oleh komputer.

    5. Mata akan semakin besar untuk mengkompensasi mulut yang semakin kecil. “Komunikasi akan bergantung pada ekspresi wajah dan gerakan mata,” ujar Cary Cooper dari Lancaster University.

    6. Dokter gigi Dr Stemmer juga berpikir manusia 1000 tahun mendatang akan memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit. “Kita bahkan bisa mendapatkan nutrisi dari cairan atau pil di masa depan, yang bisa berarti gigi semakin kurang dan rahang surut,” ujarnya.

    7. Memiliki dagu quadruple. “Tubuh kita dirancang untuk makan lebih sedikit dan menggunakan energi lebih dari gaya hidup modern yang dibutuhkan,” kata Rajiv Grover, konsultan ahli bedah plastik.

    8. Setiap orang akan memiliki bentuk hidung yang sama karena iklim kurang berpengaruh. Pengkondisian udara sudah bergantung pada AC atau pemanas sentral.

    9. Penggunaan pemanas dan pakaian hangat membuat manusia masa depan memiliki rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik.

  9. KEL JUNEDI berkata:

    NAMA : KEL JUNEDI
    NIM : 07121001028

    Evolusi, kebanyakan manusia bercerita tentang masa lalu, tentang bagaimana spesies berkembang dari spesies pendahulunya. Manusia seperti ilmu forensik yang menganalisa suatu kejadian dari fakta-fakta yang sudah ada. Saat ini dengan teknologi boleh dikatakan, manusia sudah berhasil menaklukan tantangan alam yang telah membentuk nenek moyangnya. Evolusi telah mengubah manusia masa lalu menjadi bentuk yang sekarang, namun evolusi akan terus berlanjut hingga nanti. Tapi bagaimana dengan masa depan manusia?
    1. Teknologi Menjadi Raja (200 Tahun Lagi)
    ৣ Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    Pada saat ini teknologi digunakan untuk mengantikan bagian tubuh yang cacat atau rusak. Kita memakai kaca mata mengatasi masalah pengligatan, kita memakai sendi prostetik untuk sendi yang rusak dan jantung buatan untuk mengantikan jantung yang rusak. Ketika frekwensi semakin tinggi dan semakin umum untuk penggantian atau penyempurnaan bagian tubuh yang rusak, secara generic manusia mulai berubah. Timbul toleransi tinggi tubuh manusia untuk menerima benda-benda asing di dalam tubuhnya. Penolakan secara genetis semakin turun.
    Disisi lain teknologi tidak lagi digunakan untuk mengantikan bagian tubuh yang rusak, akan tetapi teknologi secara sengaja mulai digunakan mengantikan organ tubuh untuk meningkatkan kemampuannya. Pada otak kita mungkin akan dicangkokkan interface elektronik yang memungkinkan kita berinteraksi dengan perangkat komputer. Jika kita mencari informasi, mungkin kita mempunyai pilihan mencari di memori otak kita atau mencari dengan google hanya dengan kahendak kita. Google maps dalam otak kita akan selalu terhubung dengan internet.
    Masalah yang timbul pada era ini adalah timbulnya kesenjangan luar biasa antara yang kaya dengan yang miskin. Orang kaya dengan mudahnya menambahkan berbagai teknologi dalam tubuhnya yang dengannya mereka mampu mengalahkan orang miskin dalam persaingan kerja dan persaingan hidup.
    Salah satu hal yang perlu diperkirakan bagi masyarakat masa depan adalah perkembangan iptek. Perkembangan iptek demikian cepatnya sehingga sekolah selalu ketinggalan untuk mengikutinya, sehingga sekolah tidak siap untuk membekali lulusannya dengan kemajuan iptek yang akan ditemui di masyarakat. Misanya saja, di sekolah anak-anak diberi pelajarn mengetik denga mesin ketik, padahal dimasyarakat mesin ini sudah tidak dipakai. Di sekolah diberi pelajaran computer, padahal di duni pekerjaan komputer yang seperti itu sudah ketinggalan zaman.
    ৣ Arus Komunikasi yang Semakin Cepat dan Padat
    Tidak terlepas dengan perkembangan iptek, maka masa datang adalah masa dimana arus komunikasi semakin cepat dan padat, karena cepatnya komunikasi maka informs mengenai sesuatunya tidak lagi menunggu waktu sampai kepada seantero dunia, orang makin cepat memperoleh pengetahuan baru, makin cepat menguasai dan memakai penemuan-penemuan baru dan teknologi baru. Hal ini tak akan memungkinkan semakin cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan sehingga masa mendatang merupakan masa yang sangat dinamis, sangat cepat berubah. Karena cepatnya komunikasi orang yang beada di luar negeri, orang yang sedang berada di Negara lain tidak merasa jauh dengan tempat tinggalnya, tidak merasa adanya masalah untuk pergi sejauh mungkin baik untuk studi maupun bisnis, sehingga dunia dirasakan semakin mudah untuk dijangkau, dan selanjutnya arus komunikasi semakin padat. Kecepatan arus komunikasi merangsang pihak-pihak tertentu untuk menciptakan dan menghasilkan system dan alat komunikasi yang lebih canggih lagi, sehingga dapat dikatakan masa datang itu adalah masa era komunikasi.
    ৣ Peningkatan Pelayanan yang Semakin Profesional
    Dapat diperkirakan bahwa masyarakat masa depan adalah masyarakat yang menggunakan tenaga-tenaga spesialis, semua serba spesialis, barang kali dapat juga disebut era spesialisasi. Sejalan dengan kecenderungan globalisasi, maka setiap Negara adalah mendunia, memiliki perspektif global, berorientasi internasional. Hotel-hotel, rumah sakit internasional, begitu juga bank, pelabuhan udara dan pelabuhan laut dan sebagainya.
    Dengan orientasi yang mendunia ini setiap layananpun akan ditingkatkan setaraf dengan layanan yang berlaku secara internasional, untuk tenaga-tenaga yang disiapkan adalah tenaga yang spesialis, berkompeten dan professional. Kalau dahulu untuk menjadi karyawan hotel persyaratannya tidaklah sukar, tetapi sekarang karena tuntuan profesionalitas, maka mereka harus lulusan akademi perhotelan, menguasai beragam bahasa asing. Muncullah berbagai akademi dan sekolah khusus seperti akademi pariwisata, sekolah menengah pariwisata, program diploma 3, 2 dan 1 dalam bidang perbankan, sekretaris, manajemen dan bahasa asing. Barangkali sudah banyak sekali sekolah atau akademi yang menyiapkan tenaga-tenaga spesial dan professional ini untuk meningkatkan pelayanan di era yang mendunia yang akan datang.

  10. DEKA FIRMANSYAH berkata:

    Begini Canggihnya Hidup Manusia diMasa Depan
    777. 7.
    1. Bangun Pagi

    Tidak ada lagi alarm berbunyi begitu keras yangmembangunkan Anda. Anda akan tergugah dengan sendirinya berkat semerbak aromakopi yang dibuat otomatis, cahaya yang masuk ruangan saat jendela terbukasendiri dan pijatan ke tubuh dari tempat tidur high tech.

    Anda akan terbangun dengan nyaman karena di kasur, ada sensor yang memonitorritme tidur. Anda akan dibangunkan secara tepat dalam kondisi paling segar.
    Kemudian cukup dengan melambaikan tangan atauperintah suara, Anda bisa mengendalikan temperatur udara, kelembapan, suaramusik sampai pencahayaan ruangan.
    Anda bisa membaca berita terbaru melalui layarhologram, sembari pakaian Anda disiapkan secara otomatis dari dalam lemari.Anda bisa mengakses layar hologram itu di berbagai tempat, bahkan di dapur.
    Sarapan berupa kopi dan kue dimasak sempurnadalam sebuah oven canggih. Sembari menikmati sarapan, Anda bisa memprogramtugas rumah hari itu yang akan dikerjakan robot pembantu, seperti membersihkanlantai.
    2. Gadget Canggih

    Semua data penting Anda tersimpan dalam clouddengan kapasitas penyimpanan yang hampir tak terbatas dan bisa diakses dariperangkat mana saja.
    Anda memiliki sedikit gadget saja, satu berukuranseperti tablet, satu berukuran lebih kecil dan satu lagi berlayar fleksibel danbisa dipakai. Semuanya berbobot ringan dan beroperasi sangat cepat denganprosesor sangat powerful.
    Dalam perangkat mobile Anda, ada semacammicrochip kecil yang bisa men-scan tubuh seperti sinar x ray. Cukupdengan membuka aplikasinya.
    Ia bisa memberitahu kondisi tubuh Anda, misalnyatingkat keparahan gigi yang berlubang. Kemudian, perangkat itu akan mengusulkanAnda untuk pergi ke dokter.
    3. Transportasi
    1) Mobil Otomatis

    Pengembangan mobil yang bisa berjalan otomatissudah dalam taraf maju dan digunakan secara massal. Anda bisa menulis rute yangdiinginkan ke tempat yang Anda inginkan, dan mobil itu akan berjalan sendiri.
    Di mobil, perangkat Anda mengingatkan bahwa Andaperlu membelikan kado ulang tahun bagi keponakan. Perangkat itu menyajikanbeberapa saran mengenai barang yang cocok baginya.
    Anda memilih membeli sebuah robot anjing. Sebabsang ponakan tampaknya menyukai binatang peliharaan itu. Anda membeli secaraonline, kemudian dikirim ke alamat sang keponakan.
    Sebelum pergi, Anda menginginkan minum kopi lagi.Namun perangkat sensor yang berada di sepatu tiba tiba bergerak, mengingatkanbahwa Anda mungkin terlambat menghadiri rapat jika tidak segera pergi.
    2) Kendaraan Pemandangan

    Ini adalah mobil yang di designuntuk melihat pemandangan. Untuk orang yang ingin memiliki mobil pribadi tapitidak ingin menyetirnya sendiri, mungkin ini adalah jawabannya.
    Dengan mobil ini pengendara cukupduduk di kursi dan kendaraan akan berjalan sesuai arah tujuan anda. Denganruang untuk 7 penumpang, dan dinding transparan yang bisa melihat pemandangandengan leluasa. Para designer memperkirakan mobil ini akan keluar pada tahun2040.

    3) Robot Sepeda Untuk Mengayuh Sepedamu

    Ingin berkeliling dengan sepeda?Menikmati angin di pagi hari, tapi Anda terlalu malas untuk mengayuh sepeda?Santai ini jawabannya, dengan sepeda ini anda tidak perlu mengayuh sendiri,karena sepeda ini dikayuh oleh bantuan robot. Robot ini akan adadibelakang anda, anda hanya perlu naik sepeda dan biarkan sang robot melakukanpekerjaannya. Berat sepeda dan robot sekitar 200 kg, sepertinya harus dibuatlebih ringan lagi jika ingin sukses dipasaran.

    4) Transportasi Monorail Manusia

    Sebuah monorel orang yang bisadikendalikan kemanapun. Saat ini hanya di sebuah taman hiburan Selandia Baru,monorel pedal ini terdiri dari rel panjang dengan ‘pod’ individu tergantung kebawah, yang bisa melaju sampai 30 mil per jam.
    5) Mobil Mewah Bertenaga Solar

    Dengan fisik ramping dan konsepkendaraan futuristik listrik, Lovos BMW terlihat sangat eksentrik. Dibuat olehAnne Forschner, lulusan Pforzheim University di Jerman, konsep ini mungkinbukan kendaraan listrik paling praktis atau realistis yang pernah didesain,tapi jelas memiliki tampilan yang unik.

    6) Sepeda Lipat FULL

    Apa yang membuat lebih bisa ramahlingkungan, kecuali dengan berjalan sendiri dengan dua kaki dan mengendaraisepeda. Untuk orang-orang yang tinggal dekat dengan tempat kerja, atau tinggaldi apartemen kecil, transportasi sepeda akan ideal jika saja sepeda itu cukuppraktis untuk dibawa.
    Dan para penemu pun membuat sepedayang bisa disimpan dan dilipat ke dalam lemari. Setelah dilipat, sepedapundengan mudah dapat ditarik di jalan dengan salah satu ujung setang nya.

    4. Profil Online Diregulasi Pemerintah

    Di masa depan, banyak aktivitas dilakukan secaravirtual dengan beragam kecanggihannya. Sehingga identitas online dianggapsangat penting.
    Sebagian pemerintah mungkin merasa teraluberisiko jika ada banyak akun identitas anonim. Jadi kemungkinan semuaaktivitas online Anda akan diatur pemerintah.
    Semua akun Anda, baik di Facebook, Twiter atauSkype (jika semuanya masih eksis) akan diverifikasi dan dihubungkan dengan akunresmi yang sudah disetujui oleh regulator.
    Sistem informasi sendiri sudah sangat canggih danterintegrasi. Misalnya ketika Anda membutuhkan pertolongan tentang sebuahtopik, Anda akan langsung dihubungkan dengan pakar topik tersebut secaraotomatis.
    5.Robot di Mana-mana

    Peran robot akan semakin penting dalam kehidupanmanusia sehari-hari. Robot akan membantu dokter, pekerjaan rumah tangga danmerawat para lansia.

    Sistem robotika yang semakin canggih memungkinkan mereka mengantar obat-obatan,koran atau air pada para lansia di rumah.

    Robot akan diproduksi massal di negara seperti India atau China. Harganya punberagam, tergantung spesifikasi dan kemampuannya.

    Di samping itu, makin banyak drone atau pesawat kecil yang terbang otomatis diudara, kemungkinan digunakan pemerintah untuk mengawasi keamanan penduduk.Regulasinya pun akan semakin ketat.

    Teknologi Tabung
    Saat ini, tak sedikit ilmuwan yang sedangmengembangkan teknologi tabung. ada yang mencitakan daging tabung atau dagingbuatan. Beberapa malah sudah semakin dekat dengan penciptaan gigi yang berasaldari sel induknya.
    Daging tabung
    Seiring bertumbuhnya jumlahpopulasi, maka berkurang pula jumlah pangan. Suatu ketika, muncul sebuahpertanyaan, apa yang akan dimakan manusia di masa depan?

    Tercetus ide di kepala seorang ilmuwan asal Belanda. Dr Mark Post dariUniversity of Maastricht, berpikir untuk membuat daging tabung, atau dikenaljuga sebagai daging buatan.

    Rencananya, daging itu bisa digunakan untuk menjadi isi burger danmemasarkannya secara komersial.

    Daging-daging burger itu berasal dari sel-sel otot sapi dan diciptakan dilaboratorium. Tujuan dari pembuatan daging tabung ini untuk membuktikan kepadadunia bahwa diperlukan budidaya daging untuk logistik di masa depan.
    Penelitian daging tabung yangdilakukan Dr Post dibiayai pemerintah Belanda dan sumbangan sejumlah anonim.Daging tabung cukup menjanjikan untuk mengurangi penderitaan hewan, memecahkanmasalah krisis pangan, dan sebagai bahan makanan yang ramah lingkungan.

    “Daging burger buatan ini berasal dari 20.000 potongan tipis sel-sel otot.Dari hasil tes uji cobanya, daging itu sama sekali tidak mengandunglemak,” kata Post, dilansir Daily Mail, 13 Mei 2013.
    Daging tabung ini siap dikonsumsi untukpertama kali pada sebuah acara di London, Juni mendatang. “Untuk menambahkaya rasanya, Anda hanya perlu menambah garam dan merica,” tutur Post.
    Daging burger tabung akan dijualdengan harga yang bersaing dengan daging sapi biasa. Daging buatan bukan untukmenyaingi daging sapi biasa, tapi untuk menciptakan alternatif makanan baru dimasa depan.

    GIGI HYBRID
    Ya, beberapa peneliti berhasil merekayasa gigihybrid yang berasal dari gigi manusia dan tikus. Pembuatan gigi itu berasaldari sel-sel dari jaringan gusi manusia, digabungkan dengan sel induk gigitikus.
    Diharapkan di masa depan gigi palsu bisadigantikan oleh gigi pengganti yang tumbuh dari “benih” yang ditanamdi rahang manusia.

    REFERENSI
    Fino Yurio Kristohttp://inet.detik.com/read/2013/04/23/142710/2228149/398/6/begini-canggihnya-hidup-manusia-di-masa-depan
    Chandrataruna.Muhammad, dan Tommy Adi Wibowo. Selasa, 14 Mei 2013. http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/412670-daging-tabung-untuk-manusia-masa-depan

    http://boytriks.blogspot.com/2012/08/7-Alat-Transportasi-Manusia-Di-Masa-Depan.html

  11. Anita Carlyna berkata:

    NAMA : ANITA CARLYNA
    NIM : 07121001015
    R. KELAS : MPK 4
    DOSEN PENGAMPU : DR. SANJAYA

    Di masa depan tentunya teknolgi dan komunikasi akan semakin canggih, banyak alat-alat yang bisa melakukan aktifitas sehari-hari manusia sehingga manusia di masa depan tak perlu repot untuk bekerja karena sudah ada yang melakukannya. Ada banyak yang akan berubah di masa depan, misalnya saja laptop atau komputer di masa sekarang akan berubah menjadi seperti PC yang terbuat dari kaca yang tipis, di masa depan akan lebih banyak menggunakan kaca karena bebannya yang ringan dan tipis.
    Ketika akan mengirimkan data, kita menggunakan flasdisk atau bluetoot di masa sekarang, tapi di masa depan itu tak perlu lagi digunakan karena cukup menggunakan sentuhan jari semua data akan terkirim denagn cepat melebihi kecepatan cahaya, semua peralatan dirumah saling terhubung satu dengan yang lain seperti manusia manusia yang sedang berkomunikasi karena semua barang barang akan menggunakan sebuah chip komputer yang sangat kecil yang berisi data-data pemilik barang tersebut sehingga ketika ada kejahatan, chip itu akan berbicara dan semuanya akn terselesaikan dengan mudah dan cepat.
    Di masa depan tekonologi komputer akan digunakan di semua tempat dan akan diterpakan di segala bidang sperti mulai dari rumah sakit, keaamanan, pendidikan dan lain-lain. Semuanya itu akan menggunakan tekonologi komputer dan akan dibuat sebuah robot yang di dalamnya terdapat sebuah chip komputer yang sangat kecil yang sudah di program untuk melakukan suatu pekerjaan yang telah ditentukan berbentuk fisik robot ataupun komputer fisik.
    Separuh pekerjaan manusia akan dikerjakan okeh robot dan komputer sehingga orang-orang akan lebih malas dalam bekerja karena pekerjaanya sudah di ambil alih oleh robot dan komputer, setiap orang akan memiliki idcard yang dikeluarkan oleh pemerintah. Idcard itu berfungsi untuk mengakses fasilitas yang di sediakan pemerintah, dapat di gunakan seperti atm, membayar di rumah sakit, membayar spbu, fasilatas umum lainnya,dll, sehinga menghapus uang kertas dan uang logam yg cukup ribet itu, idcard itu lebih terlihat seperti chip individu yang bisa mengakses kemanapun.
    Di masa depan, teknologi akan mengahpus buku-buku yang ada dan menggantikannya dengan tablet glass (kaca) yang sangat canggih, semua sekolah nantinya tidak akan lagi menggunakan papan tulis melainkan akan menggunakan papan yang terbuat dari kaca dengan ini kita cukup menggoreskan jari dengan cepat semua akan berubah dalam hitungan detik.
    Sedangkan di dalam keamanan sipil semuanya akan menggunakan robot yang super canggih, robot perang yang mematikan sehingga negara yang tertinggal teknologi pasti akan terbantai oleh negara yang maju di bidang teknologi komputer, semuanya akan di kontrol dengan jarak jauh sehinga orang yang mengontrol robot perang itu tidak akan tertembak oleh musuh lain.
    Di masa depan, mobil, motor dan kapal terbang akan mengalami evolusi seperti tidak akan lagi menggunakan bbm ataupun bbm listrik melainkan dari sinar matahari, energy matahari. Kendaraan seperti itu akan memiliki jalur udara dan darat tersendiri.
    Di masa depan, para ilmuwan akan merancang sebuah konsep seprti jalur kereta api sebuah kapal terbang yang bisa meluncur leluasa dengan bebas ke sebuah planet yang seperti bumi yang dapat di datangi oleh siapapun karena bumi yang sudah terlalu penuh oleh manusia dan akhirnya teknologi yang tidak asing lagi ini akan di ubah menjadi teknologi pengiriman manusia secara langsung ke planet lain.
    Banyak lagi kemajuan iptek di masa depan yang tak bisa saya sebutka satu persatu, kemajuan-kemajuan di atas tak hanya memberikan dampak positif tapi juga memiliki dampak negatifnya seperti kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalahgunaannya oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
    Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat positif, namun pada akhirnya seringkali tujuan itu diselewengkan dengan berbagai alasan. Contohnya, seorang heker, dengan kemampuannya melakukan penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke bank atau ke kantor, cukup dengan melakukan pembobolan terhadap system keuangan atau informasi penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya.
    Mungkin di masa depan bukan lagi manusia yang menguasai iptek tapi iptek lah yang menguasai manusia.

  12. Deka Firhansyah berkata:

    Nama: Deka Firhansyah
    NIM: 07121001092
    Jurusan: Ilmu Administrasi Negara
    Mata kuliah: Ilmu Kealaman Dasar
    EVOLUSI MANUSIA DI MASA DEPAN
    Sudah banyak para ilmuan yang atau bahkan orang awam sekalipun yang menerka-nerka bagaimana bentuk tubuh manusia di masa depan. Kemajuan transportasi dan teknologi informasi mulai menimbulkan efek bagi ras manusia. Batas-batas geografis yang dahulunya mengakibatkan beragam ras manusia mulai tidak relevan. Manusia bergerak tanpa batasan Negara untuk mencapai penghidupan, jodoh, maupun tempat tinggal. Tak ada lagi isolasi budaya dan fisik. Puncak proses ini adalah memusatnya budaya dunia menjadi satu atau dua jenis saja.
    Berikut adalah gambaran fisik tubuh manusia yang diprediksi oleh para ahli dalam 1000 tahun dari sekarang, seperti dilansir The sun, Sabtu (6/10/2012) dan juga tambahan dari saya:
    1. Manusia akan menjadi lebih tinggi, sekitar 180-210 cm, karena faktor gizi yang lebih baik dan kemajuan ilmu kedokteran. Osteopath Garry Trainer, dari London, mengatakan bahwa tinggi rata-rata orang Amerika adalah sekitar 1inci lebih tinggi dari tahun 1960 lalu.
    2. Usus menjadi lebih pendek sehingga tidak menyerap lebih banyak lemak dan gula. “Ini adalah cara alami untuk mencegah kegemukan,” ujar dokter gigi Dr Philip Stemmer.
    3. Lengan dan jari lebih panjang untuk mengurangi kebutuhan mencapai ujung terlalu jauh. Saraf di tangan dan jari-jari akan meningkat karena penggunaan perangkat yang lebih besar seperti iPhone yang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang kompleks.
    4. Ukuran otak menjadi lebih kecil karena tugas menghafal dan berpikir lebih banyak dilakukan oleh komputer.
    5. Mata akan semakin besar untuk mengkompensasi mulut yang semakin kecil. “Komunikasi akan bergantung pada ekspresi wajah dan gerakan mata,” ujar Cary Cooper dari Lancaster University.
    6. Dokter gigi Dr Stemmer juga berpikir manusia 1000 tahun mendatang akan memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit. “Kita bahkan bisa mendapatkan nutrisi dari cairan atau pil di masa depan, yang bisa berarti gigi semakin kurang dan rahang surut,” ujarnya.
    7. Memiliki dagu quadruple. “Tubuh kita dirancang untuk makan lebih sedikit dan menggunakan energi lebih dari gaya hidup modern yang dibutuhkan,” kata Rajiv Grover, konsultan ahli bedah plastik.
    8. Setiap orang akan memiliki bentuk hidung yang sama karena iklim kurang berpengaruh. Pengkondisian udara sudah bergantung pada AC atau pemanas sentral.
    9. Penggunaan pemanas dan pakaian hangat membuat manusia masa depan memiliki rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik.
    10. Leher kalkun kendor karena ektra matahari akan menyebabkan kulit kendor dan kelopak. Dan akan ada kulit yang lebih gelap karena orang bergerak mengelilingi planet dan terjadi percampuran ras.
    11. Menurut saya kaki manusia akan lumpuh karena kaki jarang digunakan untuk berjalan dan fungsi kaki akan digantikan alat semacam mobil atau kursi roda namun berdiri secara individual yang akan membawa manusia bergerak kemana-mana tanpa menggunakan kaki.
    12. Kemampuan telinga untuk mendengar akan berkurang atau bisa saja tuli karena terbiasa mendengarkan musik terlalu keras melalui headset atau earphone. namun tentu saja hal ini masih dapat diatasi dengan kecanggihan teknologi.
    13. Kemampuan mata untuk melihat juga akan berkurang karena terlalu sering berhadapan dengan komputer namun tentu saja hal ini juga masih dapat diatasi dengan kecanggihan teknolgi.
    14. Manusia juga jadi lemah dan tidak betenaga karena semua aktivitas berat dikerjakan oleh robot.
    Ini hanya imajinasi saya dan prediksi para ilmuan jadi silahkan kawan-kawan, anda memberi gambaran tersendiri tentang bentuknya nanti.

  13. Dedek Refilda berkata:

    Nama :DEDEK REFILDA
    NIM :07121001095
    Jurusan :Ilmu Administrasi Negara

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Menurut Saya:
    assalammualaikum wr.wb
    Manusia merupakan makhluk ciptaaan allah yang sempurna.Manusia diberi akal dan fikiran oleh allah agar manusia dapat mengembangkan dan menggali segala potensi yang dimilikinya.Akal dan fikiran juga berguna bagi manusia untuk mengembangkan pola pikirnya.Dengan adanya akal dan fikiran,manusia mempunyai rasa ingin tahu yang sangat kuat untuk mencoba hal-hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya atau yang tidak pernah kita bayangkan.Itu sebabnya manusia mempunyai sifat tidak pernah puas tehadap sesuatu.Rasa tidak puas tersebut bisa kita lihat dalam bidang teknologi.Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik.Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.Jadi,teknologi senantiasa berkembang seiring dengan berkembang pula pola pikir seorang manusia.
    Tak dapat dipungkiri jika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK) masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

    Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.Namun penulis pada kesempatan ini mecoba untuk berimajinasi mengenai perkembangan teknologi robot pada 100 tahun kedepan.

    Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu /kecerdasan buatan.
    Dewasa ini,sering kita lihat rangkaian-rangkaian robot yang di ciptakan oleh para mahasiswa yang kreatif di beberapa Universitas.Contohnya saja robot yang bisa menendang bola.robot tersebut hanya berukuran kecil tetapi memiliki rangkaian yang cukup rumit.Robot tersebut dikendalikan oleh remote atau dengan penangkap gelombang suara sehingga dengan instruksi atau perintah saja,robot tersebut bisa bergerak sesuai dengan perintah kita.Nah,ini membuktikan bahwa manusia dengan segala ilmu pengetahuannya dapat membuat sebuah robot yang canggih.Sekarang saja sudah begitu canggih teknologi yang di ciptakan oleh manusia,apalagi perkembangan tekologi robot pada 100 tahun kedepan.Mungkin manusia dengan segala rasa ingin tahunya akan meciptakan “robot dokter untuk bedah jantung”.

    Bisa kita bayangkan jika robot ini ada pada masa yang akan datang.Mungkin tidak perlu lagi seorang “Dokter ahli bedah” atau “sarjana dokter” di dunia ini.Pasti di semua rumah sakit akan di penuhi oleh robot robot yang di kendalikan oleh manusia melalui sistem-sistem yang telah aplikasikan kedalam rangkaian robot tersebut.Jadi,seolah olah robot ini akan bekerja layaknya seorang dokter(manusia) atau semuanya diserahkan kepada robot.Penemuan ini mungkin dapat memberikan kemudahan kepada manusia karena robot bisa bekerja tanpa ada waktu istirahat,sedangkan manusia tidak bisa bekerja secara terus menerus,harus ada waktu istirahatnya.Namun,coba kita bayangkan di saat robot tersebut sedang melakukan operasi bedah jantung,rangkaian sistem(program yang terdapat di dalam rangkaian sitem robot) tersebut error maka apa yang akan terjadi?.Bisa kita tebak bahwa hal ini akan bersifat fatal atau dapat menghilangkan nyawa seseorang.Jadi,perkembangan IPTEK dapat membawa dampak yang positif tetapi juga dapat membawa dampak yang negatif.Kebanyakan dari dampak negatifnya adalah manusia akan menjadi semakin malas karena dimanjakan oleh pekembangan teknologi.Bisa-bisa manusia akan di perbudak oleh IPTEK yang selalu berkembang dengan pesat.

    wassalammualaikum.wr.wb

  14. Dedek Refilda berkata:

    Nama : dedek refilda
    NIM : 07121001095
    Jurusan : Ilmu Administrasi Negara

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Menurut Saya:
    assalammualaikum wr.wb
    Manusia merupakan makhluk ciptaaan allah yang sempurna.Manusia diberi akal dan fikiran oleh allah agar manusia dapat mengembangkan dan menggali segala potensi yang dimilikinya.Akal dan fikiran juga berguna bagi manusia untuk mengembangkan pola pikirnya.Dengan adanya akal dan fikiran,manusia mempunyai rasa ingin tahu yang sangat kuat untuk mencoba hal-hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya atau yang tidak pernah kita bayangkan.Itu sebabnya manusia mempunyai sifat tidak pernah puas tehadap sesuatu.Rasa tidak puas tersebut bisa kita lihat dalam bidang teknologi.Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik.Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.Jadi,teknologi senantiasa berkembang seiring dengan berkembang pula pola pikir seorang manusia.
    Tak dapat dipungkiri jika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK) masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

    Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.Namun penulis pada kesempatan ini mecoba untuk berimajinasi mengenai perkembangan teknologi robot pada 100 tahun kedepan.

    Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu /kecerdasan buatan.

    Dewasa ini,sering kita lihat rangkaian-rangkaian robot yang di ciptakan oleh para mahasiswa yang kreatif di beberapa Universitas.Contohnya saja robot yang bisa menendang bola.robot tersebut hanya berukuran kecil tetapi memiliki rangkaian yang cukup rumit.Robot tersebut dikendalikan oleh remote atau dengan penangkap gelombang suara sehingga dengan instruksi atau perintah saja,robot tersebut bisa bergerak sesuai dengan perintah kita.Nah,ini membuktikan bahwa manusia dengan segala ilmu pengetahuannya dapat membuat sebuah robot yang canggih.Sekarang saja sudah begitu canggih teknologi yang di ciptakan oleh manusia,apalagi perkembangan tekologi robot pada 100 tahun kedepan.Mungkin manusia dengan segala rasa ingin tahunya akan meciptakan “robot dokter untuk bedah jantung”.

    Bisa kita bayangkan jika robot ini ada pada masa yang akan datang.Mungkin tidak perlu lagi seorang “Dokter ahli bedah” atau “sarjana dokter” di dunia ini.Pasti di semua rumah sakit akan di penuhi oleh robot robot yang di kendalikan oleh manusia melalui sistem-sistem yang telah aplikasikan kedalam rangkaian robot tersebut.Jadi,seolah olah robot ini akan bekerja layaknya seorang dokter(manusia) atau semuanya diserahkan kepada robot.Penemuan ini mungkin dapat memberikan kemudahan kepada manusia karena robot bisa bekerja tanpa ada waktu istirahat,sedangkan manusia tidak bisa bekerja secara terus menerus,harus ada waktu istirahatnya.Namun,coba kita bayangkan di saat robot tersebut sedang melakukan operasi bedah jantung,rangkaian sistem(program yang terdapat di dalam rangkaian sitem robot) tersebut error maka apa yang akan terjadi?.Bisa kita tebak bahwa hal ini akan bersifat fatal atau dapat menghilangkan nyawa seseorang.Jadi,perkembangan IPTEK dapat membawa dampak yang positif tetapi juga dapat membawa dampak yang negatif.Kebanyakan dari dampak negatifnya adalah manusia akan menjadi semakin malas karena dimanjakan oleh pekembangan teknologi.Bisa-bisa manusia akan di perbudak oleh IPTEK yang selalu berkembang dengan pesat.

    wassalammualaikum.wr.wb

  15. APRIYANI berkata:

    Nama : Apriyani
    NIM : 07121001017
    Perkembangan IPTEK saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Semua hal dapat dipermudah dengan adanya perkembangan IPTEK. Meskipun dapat mempermudah, namun dapat juga menyebabkan ketidak selarasan dalam kehidupan ekosistem, khususnya terhadap manusia. Memang benar jika “Manusia masa lalu dikuasai oleh lingkungan, manusia masa sekarang, manusia yang menguasai lingkungan”. Dengan begitu pasti sangat banyak dampak yang akan diterima oleh manusia karena perkembangan IPTEK yang terus menerus mengalami perkembangan. Baik dampak positif maupun dampak negatif yang akan diterima.
    Berikut ini, saya akan mencoba menjelaskan tentang dampak-dampak dari perkembangan IPTEK terhadap Evolusi manusia saat ini.
    a. Dampak positifnya, yaitu:
     Terhadap teknologi
    100 tahun lagi, pasti banyak ditemukan teknologi-teknologi yang semakin canggih dibandingkan dengan yang sudah ada sekarang ini. Apalagi dengan adanya ilmu dan pengetahuan yang lambat laun semakin meningkat. Seperti ditemukannya alat yang dapat membantu pekerjaan rumah manusia. Dan manusia hanya mengontrol cara kerjanya tanpa perlu khawatir terjadi kesalahan. Misalnya saja, alat pencuci piring otomatis. Alat pencuci piring otomatis saat ini belum ditemukan,namun bisa saja terjadi 100 tahun lagi ditemukan alat yang demikian itu.
     Terhadap alat komunikasi
    Untuk 100 tahun lagi, saya kira manusia dapat menciptakan alat komunikasi yang lebih canggih dibandingkan dengan telephone. Buktinya saja saat ini manusia sudah bisa menciptakan alat komunikasi yang cukup canggih. Yang dulunya berawal dari kaleng berubah menjadi telephone berubah menjadi telephone genggam. Dan sekarang juga bisa melakukan video call dimanapun kita berada.
     Terhadap kehidupan di luar bumi
    Menurut saya, bisa jadi 100 tahun lagi manusia dapat menemukan tempat yang cocok untuk tinggal selain di Bumi. Contohnya saja, saat ini manusia menemukan struktur planet yang hampir mirip dengan struktur bumi.
     Terhadap manusia itu sendiri
    Saat ini, manusia masih membutuhkan orang lain untuk dalam mengerjakan seluruh pekerjaannya. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti manusia tidak lagi membutuhkan manusia dalam melakukan pekerjaannya. Manusia dapat dibantu dengan alat-alat yang lebih mempermudah pekerjaannya.
    Selain menghadirkan dampak positif, perkembangan IPTEK juga menghadirkan dampak negatif. Perkembangan IPTEK dapat menyebabkan lahan pertanian semakin sempit. Kemudian manusia juga tidak peduli dengan sesamanya, dikarenakan serba bisa otomatis. Dan masih banyak lagi dampak negatifnya, seperti yang telah diposting ditugas sebelumnya.
    Demikianlah, yang bisa saya sampaikan. Kritik dan saran dari teman-teman sangat saya harapkan.

    *kritik dan saran dapat dikirim ke e-mail apriyani.satria@yahoo.com

  16. NAMA: DWI ANJANI berkata:

    NAMA : DWI ANJANI
    NIM : 07121001111
    Disini akan dibahas tentang bagaimana evolusi manusia masa akan datang yang diakibatkan oleh kemajuan IPTEK yang sangat pesat dan berlebihan.
    Manusia adalah makhluk hidup yg dinamis yang akan selalu mengikuti perubahan zaman agar dapat bertahan hidup. Salah satu cara manusia bertahan hidup adalah dengan mengenal dan mengikuti perkembanagn IPTEK yang semakin maju. Untuk mengikuti perkembangan tekhnologi ini, manusia menciptakan alat-alat tekhnologi yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas dalam hidup. Contohnya seperti alat Vacum Cleaner, Mesin Cuci, dll. Alat-alat ini memang memberikan manfaat bagi manusia akan tetapi bila digunakan secara berlebihan dan tidak diimbangi dengan aktifitas manusia untuk bergerak, maka akan menimbulkan efek negative bagi perkembangan tubuh manusia. Efeknya seperti ketergantungan, terganggunya syaraf dan tubuh manusia.
    Ketergantungan manusia terhadap alat-alat tekhnologi masa kini, seperti kursi roda remote control, mesin cuci ataupun vacuum cleaner. Membuat perkembanagn syaraf manusia terganggu. Dalam perkembangan IPTEK, manusia dimanjakan dengan tekhnologi modern, tekhnologi ini membuat peran manusia menjadi passive. Manusia jadi malas untuk bergerak dan sedikit berfikir, karena semuanya sudah digantikan oleh peran alat-alat tekhnologi. Pada dasarnya manusia yang semestinya mengendalikan tekhnologi, akan tetapi jika dilihat perkembangan tekhnologi saat ini, ditakutkan manusia masa akan datang dikendalikan oleh tekhnologi yang mereka buat sendiri.
    Efek yg mengerikan akan diderita tubuh manusia, karena kurangnya manusia dalam berfikir dan bergerak. Contonya seperti:
     Kaki manusia yang akan mengecil diakibatkan otot manusia yang tidak pernah digerakkan,
     Akan terjadi radiasi terhadap tubuh manusia, radiasi ini akan mengakibatkan rusaknya organ-organ vital dalam tubuh manusia,
     Selain itu radiasi ini dapat menularkan penyakit baru bagi generasi selanjutnya,
     Kepala manusia akan semakin membesar, ini diakibatkan karena manusia yang jarang menggunakan otaknya untuk berfikir sehingga aliran darah serta syaraf-syaraf diotak menjadi tidak berjalan dengan semestinya, dan banyak efek lain yang akan diderita manusia.

    Jadi, alangkah arifnya kita manusia, jika kita dapat menyeimbangkan antara penggunaan tekhnologi dalam kehidupan sehari-hari dengan kegiatan tubuh kita yang harus tetap berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat mengurangi efek negative yang akan diderita. Manusia semestinya mengendalikan tekhnologi yang mereka buat, bukannya dikendalikan tekhnologi yang mereka buat.

  17. DEDEK REFILDA berkata:

    NAMA : dedek refilda
    NIM : 07121001095
    Jurusan : Ilmu Administrasi Negara
    Kelas : mpk 4

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    menurut saya:
    assalammualaikum wr.wb
    Manusia merupakan makhluk ciptaaan allah yang sempurna.Manusia diberi akal dan fikiran oleh allah agar manusia dapat mengembangkan dan menggali segala potensi yang dimilikinya.Akal dan fikiran juga berguna bagi manusia untuk mengembangkan pola pikirnya.Dengan adanya akal dan fikiran,manusia mempunyai rasa ingin tahu yang sangat kuat untuk mencoba hal-hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya atau yang tidak pernah kita bayangkan.Itu sebabnya manusia mempunyai sifat tidak pernah puas tehadap sesuatu.Rasa tidak puas tersebut bisa kita lihat dalam bidang teknologi.Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik.Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.Jadi,teknologi senantiasa berkembang seiring dengan berkembang pula pola pikir seorang manusia.
    Tak dapat dipungkiri jika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK) masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari hingga yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

    Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.Namun penulis pada kesempatan ini mecoba untuk berimajinasi mengenai perkembangan teknologi robot pada 100 tahun kedepan.

    Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu /kecerdasan buatan.
    Dewasa ini,sering kita lihat rangkaian-rangkaian robot yang di ciptakan oleh para mahasiswa yang kreatif di beberapa Universitas.Contohnya saja robot yang bisa menendang bola.robot tersebut hanya berukuran kecil tetapi memiliki rangkaian yang cukup rumit.Robot tersebut dikendalikan oleh remote atau dengan penangkap gelombang suara sehingga dengan instruksi atau perintah saja,robot tersebut bisa bergerak sesuai dengan perintah kita.Nah,ini membuktikan bahwa manusia dengan segala ilmu pengetahuannya dapat membuat sebuah robot yang canggih.Sekarang saja sudah begitu canggih teknologi yang di ciptakan oleh manusia,apalagi perkembangan tekologi robot pada 100 tahun kedepan.Mungkin manusia dengan segala rasa ingin tahunya akan meciptakan “robot dokter untuk bedah jantung”.

    Bisa kita bayangkan jika robot ini ada pada masa yang akan datang.Mungkin tidak perlu lagi seorang “Dokter ahli bedah” atau “sarjana dokter” di dunia ini.Pasti di semua rumah sakit akan di penuhi oleh robot robot yang di kendalikan oleh manusia melalui sistem-sistem yang telah aplikasikan kedalam rangkaian robot tersebut.Jadi,seolah olah robot ini akan bekerja layaknya seorang dokter(manusia) atau semuanya diserahkan kepada robot.Penemuan ini mungkin dapat memberikan kemudahan kepada manusia karena robot bisa bekerja tanpa ada waktu istirahat,sedangkan manusia tidak bisa bekerja secara terus menerus,harus ada waktu istirahatnya.Namun,coba kita bayangkan di saat robot tersebut sedang melakukan operasi bedah jantung,rangkaian sistem(program yang terdapat di dalam rangkaian sitem robot) tersebut error maka apa yang akan terjadi?.Bisa kita tebak bahwa hal ini akan bersifat fatal atau dapat menghilangkan nyawa seseorang.Jadi,perkembangan IPTEK dapat membawa dampak yang positif tetapi juga dapat membawa dampak yang negatif.Kebanyakan dari dampak negatifnya adalah manusia akan menjadi semakin malas karena dimanjakan oleh pekembangan teknologi.Bisa-bisa manusia akan di perbudak oleh IPTEK yang selalu berkembang dengan pesat.

    wassalammualaikum.wr.wb

  18. Christina Winda Stefani berkata:

    Nama : Christina Winda Stefani
    NIM : 07121001073
    Kelas : MPK IV

    Sangat menarik apabila kita akan membahas evolusi manusia masa depan akibat dari perkembangan IPTEK. Karena yang kita ketahui bersama, evolusi merupakan perkembangan makhluk hidup yang berlangsung secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Perubahan cara berkomunikasi akan membentuk cara berpikir, berperilaku, dan bergerak, karena dapat kita ketahui bersama bahwa teknologi informasi jaman sekarang sangatlah canggih dan akan terus lebih canggih di masa yang akan datang, dengan kata lain akan terus mengalami kemajuan. Peralatan komunikasi yang dibentuk oleh manusia, pada akhirnya malah akan mempengaruhi kehidupan manusia itu sendiri.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi adalah seleksi alam, mutasi dan peran isolasi dalam pembentukan spesies baru. Ada perjuangan untuk hidup yaitu antara individu-individu dalam suatu spesies untuk mendapatkan makanan, air, cahaya atau faktor-faktor lain yang penting dalam lingkungan itu.

    Proses evolusi memerlukan waktu yang sangat lama. Menurut Darwin, ada dua mekanisme yang mendasari evolusi. Pertama, proses evolusi membawa spesies yang ada untuk berinteraksi dengan kondisi ekologinya. Contohnya, karena hasil evolusi, beberapa burung mempunyai paruh yang hanya bisa dipakai untuk menghisap madu bunga. Selama bunga itu masih tersedia, burung ini akan hidup. Tetapi, bila bunga ini, karena sesuatu hal, punah, maka burung itu kemungkinan besar juga akan punah. Mekanisme yang kedua adalah kelahiran spesies baru dari hasil variasi di spesies yang ada. Ini terjadi bila suatu group mahluk hidup menjadi terpisah dan pada akhirnya mempunyai gaya hidup yang sangat berbeda. Contoh klasik adalah burung finch di atas. Asal mulanya, nenek moyang burung dari bermacam pulau di Galapagos adalah berasal dari daratan Amerika Selatan. Karena bertebaran di bermacam pulau, burung ini akhirnya mengembangkan gaya hidup yang berbeda-beda (http://h3r1y4d1.wordpress.com/2012/12/23/tinjauan-umum-pandangan-dunia-teknologi-komunikasi-di-dalam-kehidupan-budaya/, diunduh pada 30 Mei 2013 pkl16.54 WIB)

    Teknologi bergerak sedemikian cepatnya sehingga dalam waktu tidak lama lagi seluruh dunia akan berubah besar-besaran. Hal-hal yang nyaris tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para ilmuwan dan hanya ada dalam khayalan-khayalan manusia akan terjadi di masa depan kita, 100 tahun kedepan. Mungkin di suatu hari nanti, manusia bisa hidup ratusan tahun tanpa mengenal penyakit, memiliki kecerdasan yang genius, dan pergi bertamasya ke luar angkasa.

    Ini adalah beberapa teknologi revolusioner yang diperkirakan akan merubah seluruh dunia :
    1. Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi
    2. Zaman Manusia-manusia Super, Rekayasa Genetika
    3. Energi terdahsyat di Alam Semesta, Fusi Nuklir
    4. Regenerasi Wolverine, Stem Cell
    5. Komputer Kuantum
    6. Baju Menghilang Harry Potter, Metamaterial
    7. Space Elevator, Tangga Menuju Bintang-bintang
    8. Scramjet
    9. Hidup Ratusan Tahun, Resveratrol.
    10. Penyatuan Manusia dan Mesin, Singularitas.

    Sekian pendapat dari saya, terima kasih atas perhatiannya. Semoga bahasan ini bermanfaat untuk pembelajaran kita.

  19. indahpratasari berkata:

    NAMA : INDAH PRATASARI
    NIM : 07121001130

    “EVOLUSI KEHIDUPAN MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK”
    Manusia hidup di dunia ini tidak bisa lepas dari ketergantungan dalam menjalani kehidupan di dunia ini.Ketergantungan itu juga didominasi banyak sekali factor yang mempengaruhi dan yang paling besar berhubungan dengan manusia pasti adalah ketergantungan manusia akan alam dan Ilmu Pengetahuan tentang bagaimana cara untuk memanfaatkan alam tersebut.
    Tak lepas tentang bagaimana cara memanfaatkan alam ini, maka manusia pun banyak yang mempelajari akan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan berharap dapat menciptakan suatu alat yang canggih dan mutakhir untuk mengolah kekayaan alam di dunia ini.
    Namun,tanpa disadari karena begitu rakusnya manusia, semua alat yang serba modern pun dibuat yang mana alat tersebut tanpa arus banyak menggunakan tenaga manusia itu sendiri dalam mengolah alam ini dan tanpa disadari pula alat-alat yang serba canggih ,mutakhir dan modern tersebut ternyata banyak membuat suatu kerusakan yang membuat anak,cucu kita sebagai sebagai generasi penerus, menerima akibatnya.Diakui atau tidak ternyata semua teknologi yang diciptakan manusia di dunia ini membawa dampak yang positif dan negatif .dan dari sekian banyak manusia di dunia ini yang menggunakan teknologi tersebut untuk kemaslahatan umat, masih juga harus menghadapi umat manusia yang lainnya yang menggunakan atau memanfaatkan teknologi tersebut untuk kepentingan dirinya sendiri tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan bagi manusia banyak bahkan sampai generasi penerus.
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cukup pesat sekarang ini sudah menjadi realita sehari-hari bahkan merupakan tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman.

  20. Menurut saya Anggerisma Wulandari Beliton (07121001048), kemungkinan tekhnologi akan ber-evolusi dengan sangat berkembang pesat, tidak bisa tidak mungkin, manusia akan sangat berketergantungan terhadap tekhnologi, misalnya saja dampak pada siswa atau mahasiswa dimasa depan, gadget-gadget mahal memudahkan informasi yang akan lebih mudah didapat hanya dengan mengakses internet dengan cepat menjadi media utama dengan meninggalkan buku-buku yang super tebal dan tulisan yang super kecil sehingga membuat mengantuk saat dibaca. Mereka akan meninggalkan buku-buku dengan beralih ke gadget-gadget mereka, bisa jadi nanti akan ada gadget yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan manusia, sehingga semakin lama manusia akan malas dan sangat ketergantungan dan tidak bisa jauh dari gadget.

  21. Amelia Oktarini berkata:

    Nama : Amelia Oktarini
    NIM : 07121001075
    Menurut saya , iptek bagi kehidupan manusia sangatlah penting sampai seratus kedepan maupun seribu tahun yang akan datang pun manusia akan selalu berkaitan dengan iptek. Iptek memiliki banyak dampak bagi kehidupan m,anusia baik itu dampak positif maupun dampak negative sekalipun. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne“ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.
    Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
    Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
    Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dengan kata lain, walaupun pada awalnya teknologi diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain teknologi juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang, contohnya saja :
    a. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
    Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
    b. Meningkatnya rasa percaya diri,
    Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
    c. Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
    Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek budaya:
    a. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
    b. Kenakalan dan tindakan menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
    c. Pola interaksi antarmanusia yang berubah
    Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

    Namun dampak yang dapat saja menghancurkan dunia yaitu ciptaan manusiaa yang begitu canggih bias menjadi malapetaka bagi dunia, seperti kita film-film barat ada film Transformer yang dimana terhadap dunia robot yang pada akhirnya mengancurkan kehidupan manusia sebenarnya sehingga manusia yang lemah dapat saja di kuasai oleh kehidupan para robot ada juga film yang menciptakan robot-robot mirip seperti manusia dimana dia di ciptakan untuk mengurangi tenaga kerja manusia, sehingga tenaga di manusia tidak banyak di gunakan kembali karena terciptanya robot-robot canggih yang dapat menggatikan tenaga kerja manusia tersebut. Karena itulah kita harus lebih pintar dalam memanfaatkan kekmampuan kretifitas yang kita miliki untuk hal yang lebih positif lagi.
    Terima Kasih

  22. Junita Mahtuah berkata:

    Evolusi Kehidupan Manusia (+ dan –) akibat Kemajuan Tekhnologi

    Kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalahgunaannya oleh orang yang tidak bertanggung jawaab.
    Dengan adanya perkembangan IPTEK manusia medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Tetapi disisi lain manusia juga harus sadar akan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya perkembangan IPTEK tersebut, yang akan dapat membahayakan bagi manusia itu sendiri.
    Diantara bidang yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK adalah “Bidang Pendidikan”. Internet merupakan merupakan salah satu alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Namun demikian, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh lupa bahwa teknologi itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negative, inilah yang harus tetap kita waspadai. Mengingat saat sekarang ini sering kita lihat dimana-mana banyak para pelajar dan mahasiswa yang sering menggunakan pasilitas teknologi tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga hal ini dapat mendatangkan dampak yang negatif.

    Dampak positif
    1) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Seperti jaringan internet, lab computer sekolah, dll.
    2) Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
    3) Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
    4) Adanya sistem pengolahan data hasil penelitian yang menggunakan pemampaatan teknologi.
    5) Pemenuhan kebutuhan akan pasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
    Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu:
    1) Pembelajaran menjadi lebih interaktif, simulatif, dan menarik
    2) Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / kompleks
    3) Mempercepat proses yang lama
    4) Mengahadirkan peristiwa yang jarang terjadi
    5) Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau di luar jangkauan

    Dampak negatif
    Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain:
    1) Siswa menjadi malas belajar
    2) Terjadinya pelanggaran asosila
    3) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan yang dapat disalah gunakan oleh siswa.
    4) Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
    5) Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
    6) Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
    7) Adanya penyalahgunaan sistem pengolahan data yang menggunakan teknologi

    http://nanofp2.blogspot.com/2012/04/evolusi-dampak-perkembangan-teknologi.html

    jadi menurut saya Intinya, jika kita menyadari bahwa sesungguhnya amat sangat membanggakan sekali jika teknologi-teknologi baru dapat di ciptakan lagi oleh manusia. Ide kreatif ini sebenarnya untuk membantu mempermudah kelangsungan generasi yang akan datang. Segala urusan di permudahkan dengan hadirnya pengetahuan baru. Namun di sayangkan, sebenarnya di balik keuntungan, kemudahan, kecanggihan ilmu pengetahuan teknologi tersebut, di perkirakan akan membawa efek negative juga bagi manusia masa depan atau penerus selanjutnya. Seperti contoh kecilnya dengan mudah meng-copy paste sebuah bahan dari internet tanpa di baca lagi. Sehingga nanti buku-buku pada perpustakaan akan berdebu tanpa pernah di sentuh dan di buka. Karena segalanya sudah bergantung pada elektronik tekhnologi.

    Nama: Junita Mahtuah
    Nim: 07121001001
    Administrasi Negara

  23. Hisyam Khusnuzon Al-furqon berkata:

    Nama: Hisam Khusnuzon
    Nim: 07121001072
    Mata Kuliah: Ilmu Kealamian Dasar
    Kelas: MPK 4
    Sekilas saya sangat tertarik sekali dengan pembahasan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan berpengaruh terhadap evolusi manusia di masa depan, karena hal ini menyangkut tentang dampak dari kemajuan pesat teknologi yang mampu mempengaruhi kehidupan manusia, baik itu dari sisi positif maupun dari sisi negatifnya.
    Hal pertama yang akan saya bahas adalah pengertian dari teknologi itu sendiri, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Artinya, teknologi itu sebagai alat yang mampu mempermudah kerja kita dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup, dengan kata lain jikalau kita melihat hal ini sangat jelas memberikan 2 dampak yang berbeda yaitu di sisi lain teknologi itu mapu meringankan pekerjaan manusia namun di sisi sebaliknya teknologi itu akan berdampak pada perubahan tingkah laku manusia menjadi malas karena pola pikir manusia yang cenderung sangat bergantung terhadap teknologi itu sendiri, bahkan menyangkut tentang hal kecil sekalipun, seperti: Penggunaan teknologi komunikasi yang mampu merubah pola hidup manusia menjadi tidak sehat.
    Sudah jelas bahwa semakin hari para ilmuwan mencoba menemukan penemuan-penemuan baru yang sangat luar biasanya bahkan mungkin sampai di luar akal logika, contohnya saja:
    “Era Manusia-manusia Super, Rekayasa Genetika”
    “Human genetic engineering has the potential to change human beings’ appearance, adaptability, intelligence, character, and behaviour. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans”.
    Wikipedia Genetic Engineering.

    Manusia telah berhasil memetakan gennya dalam proyek raksasa “The Human Genome Project”. Dengan data ini manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi dari tiap gen dalam tubuh manusia. Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen penyebab kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan, bahkan gen khusus yang mengatur proses penuaan.

    Ini nantinya akan memungkinkan dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang sangat unggul. Manusia dengan kesehatan sempurna, terbebas dari penyakit, berumur lebih dari 100 tahun dan mempunyai kecerdasan mendekati genius.

    Bayangkan bila manusia menemukan gen spesial yang membuat Einstein menjadi genius. Lalu gen itu bisa ditransfer ke seluruh umat manusia. Atau keunggulan fisik David Beckham, atau bahkan kharisma John F. Kennedy.

    Tapi rekayasa genetika tidak hanya untuk manusia, tapi juga bisa untuk tumbuhan dan hewan ternak. Rekayasa genetika bisa menciptakan padi dan gandum jenis baru dengan hasil panen yang berkali-kali lipat. Kita juga bisa menciptakan daging sapi yang lebih empuk dan gurih. Kita bahkan juga bisa menciptakan tanaman dan hewan konsumsi dengan nilai gizi yang unggul.
    Dengan contoh di atas maka sangat cocok jikalau kita hubungkan dengan firman Allah, SWT إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
    “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (ar-Ra’du:11).
    Dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat di zaman sekarang hendaknya kita jadikan hal ini sebagai karunia dari Allah, SWT yang sangat besar kepada kita semua dengan bentuk rasa syukur kita untuk terus mendekatkan diri kepada-NYA.

  24. Henny Pranita berkata:

    NAMA : HENNY PRANITA
    NIM : 07121001098

    kehidupan 100 tahun yang akan datang :
    1. Robot
    adanya penggunanan robot yang canggih. manusia tidak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai kegiatan. manusia akan menggandalkan robot.

    2. Terdapat kehidupan di luar bumi
    terdapat kehidupan di planet lain, manusia pindah ke planet lain. di bumi hanya memiliki sedikit populasi sehingga manusia lebih memilih untuk pindah ke planet lain.

    3. Mobil Amphibi dan Mobil Terbang
    100 tahun yang akan datang, mobil tidak hanya melaju di darat tetapi juga bisa melaju di laut maupun di udara.

    4. Anti Gravitasi di Planet
    100 tahun yang akan datang akan di temukannya anti gravitasi di planet.

    5. Clonning
    manusia akan dapat menggandakan diri mereka sendiri, bahkan bisa lebih dari dua pengcloningan

  25. Desi Purnama Sari berkata:

    Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi tidak seluruhnya memiliki dampak positif bagi kehidupan, akan tetapi perkembangan teknologi informasi juga memiliki dampak negatif pula. Dampak negatif dari
    perkembangan teknologi informasi adalah pola hidup manusia di masa yang akan datang :

    1. Konsumtif
    Perkembangan teknologi informasi yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan berbagai informasi semakin meningkat pesat dan berlimpah ruah.Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi berbagai macam informasi yang tersaji di dalamnya, dari berbagai penjuru, lokal, maupun sampai dengan penjuru internasional. Secara logika, mengkonsumsi berbagai informasi akan menambah ilmu pengetahuan dalam dan luar negeri, akan tetapi hal itu juga harus diimbangi dengan filter informasi. Jika hal tersebut tidak diimbangi dengan filter informasi, maka yang akan terjadi adalah memunculkan pola hidup konsumtif, jadi masyarakat tidak bisa memilah informasi mana yang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat ataupun informasi yang memang harus dibuang.

    2. Sikap Individualistic
    Memunculkan sikap individualistik. Sikap individualistik terjadi karena pada masa dewasa ini masyarakat dimanjakan dengan berbagai produk teknologi informasi yang semakin maju dan semakin modern, sehingga masyarakat tidak perlu susah payah untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian masyarakat kurang berinteraksi dengan sesamanya sekadar untuk berbagi informasi.Hal semacam ini menimbulkan masyarakat cenderung hidup individualistik.

    3. Gaya Hidup Kebarat-Baratan
    Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama kawula muda dan remaja. Pola gaya hidup kebarat-baratan saat ini banyak diaplikasikan dalam pola hidup dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Padahal tidak semua budaya barat baik dan cocok diaplikasikan di Indonesia.Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, free sex, menggunakan narkoba, minum-minuman beralkohol dan lain-lain. Jadi dapat dikatakan, saat ini sebagian besar budaya kita, yaitu budaya Indonesia telah tergeser dengan adanya budaya dan gaya kebarat-baratan.

    4. Kesenjangan Sosial
    Kesenjangan sosial menjadi dampak negatif dari berkembangnya teknologi informasi. Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus berkembangnya teknologi informasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya. Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan zaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualistik.

    5. Kriminalitas.
    Dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi tidak luput dari tindak kriminal.Kriminalitas sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.Kriminalitas yang menggunakan teknologi informasi adalah pembajakan web, pembobolan ATM, pembajakan kode-kode kenegaraan, penyisipan video porno, penipuan, pemalsuan, dll.Penyalah gunaan teknologi informasi ini menjadi suatu hal yang perlu diperbaiki, dimana perbaikan tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana kondusif dalam penggunaan teknologi informasi.

    Nama : Desi Purnama Sari
    Nim : 07121001099

  26. hendi manalu berkata:

    NAMA :HENDI MANALU
    NIM :07121001093
    MATA KULIAH : ilMU KEALAMIAN DASAR
    MPK :lV

    Evolsi Manusia Terhadap Dampak Perkembangan Teknologi
    Evolusi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada suatu makhluk hidup baik fisik maupun non fisik yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan bersifat perlahan- lahan atau sedikit demi sedikit. Evolusi adalah aspek fisik yang terjadi pada diri manusia. Akan tetapi,hal tersebut kadang tidak di sadari oleh manusia karena sifatnya yang perlahan-lahan. Perubahan secara lambat ini terjadi pada diri manusia di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor pengaruh dari alam yang berubah-ubah dan pengaruh perkembangan teknologi yang di ciptakan oleh manusia itu sendiri yang berkembang sangat pesat. Faktor Alam yang mengalami perubahan dari masa ke masa mempengaruhi perilaku manusia maupun bentuk fisik manusia. Dahulu manusia sangat tergantung dengan alam untuk memenuhi kebutuhan untuk hidup,akan tetapi manusia sekarang telah mampu menciptakan fermentasi dari berbagai zat-zat yang dapat di jadikan makanan maupun minuman yang mengurangi ketergantungan makanan pada alam.
    Teknologi adalah ciptaan manusia – manusia modern yang sangat jenius yang mampu memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Pada masa sekarang ini,apabila seseorang tidak mengikuti perkembangan zaman seiring dengan perkembangan teknologi maka orang tersebut akan hanyut dalam kerasnya arus globalisasi yang membawa perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut,dan negara – negara yang memiliki teknologi paling canggih lah yang memiliki tingkat kesejahteraan rakyat dan ekonomi paling tinggi. Akan tetapi,teknologi yang merupakan ciptaan manusia juga dapat menjadi pengaruh atau rival bagi manusia itu sendiri. Jika kita melihat dewasa ini,seluruh kehidupan manusia di kuasai oleh teknologi bahkan setiap waktunya tidak mampu melakukan aktifitasnya tanpa adanya suatu alat yang merupakan hasil dari teknologi.
    Menurut saya sendiri,pada masa yang akan datang manusia akan di kuasai oleh teknologi iu sendiri,bahkan dapat memperbudak manusia oleh kepintaran dan kejeniusan alat alat dan mesin-mesin yang di ciptakan manusia itu sendiri. Hal itu dapat terjadi akibat keleluasaan teknologi dalam kehidupan manusia dan hidup manusia akan tergantung pada teknologi dan teknologi canggih tersebut dapat menundukkan si penciptanya yaitu manusia. Hal tersebut dapat di atasi jikalau moral dan pikiran manusia dapat di tingkatkan dan di alihkan agar kehidupan manusia jangan selalu bergantung pada teknologi.

  27. amellytha berkata:

    Nama : Amellytha Sari
    NIM : 07121001080
    MPK : 4

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Assalammualaikum wr.wb
    Membahas tentang evolusi manusia masa depan akibat perkembangan iptek sangatlah menarik. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah ciptaan Allah SWT yang sempurna, yang memiliki akal dan pikiran untuk mengembangkan apa yang dipikirkannya baik untuk mencari tahu, menyatakan, membuat atau menciptakan sesuatu yang dapat berguna bagi khalayak banyak. Sedangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri merupakan salah satu cara manusia untuk mencari informasi, mengembangkan informasi tersebut bahkan menciptakan sesuatu yang baru yang tentu dapat berguna bagi orang banyak. Pada masa sekarang ini dengan adanya kebutuhan hajat kehidupan manusia bisa terpenuhi, bahkan sampai bisa membuat manusia ketergantungan atau tidak bisa melepaskan diri dari IPTEK yang semakin hari semakin canggih. Hal ini merupakan salah satu dampak dari adanya perkembangan IPTEK di dunia. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada esok hari ataupun 100 tahun kedepan mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nantinya. Apakah akan semakin baik atau akan menjadi buruk. Atau malah yang dulunya teknologi yang diciptakan dan dikendalikan oleh manusia akan berbalik mengendalikan bahkan menguasai manusia, ini adalah salah satu bayangan yang buruk untuk kita pikirkan. Tetapi kita juga boleh saja sedikit memprediksi apa yang nantinya akan terjadi seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan IPTEK yang semakin canggih. Berikut ini beberapa bentuk dampak evolusi IPTEK terhadap evolusi manusia:

    > Gambaran Fisik Tubuh Manusia yang Berubah
    a. Manusia akan memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi, sekitar 180-210 cm, karena faktor gizi yang lebih baik dan kemajuan ilmu kedokteran.
    b. Lengan dan jari lebih panjang. Saraf di tangan dan jari-jari juga akan lebih meningkat karena penggunaan perangkat yang lebih besar karena membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang kompleks.
    c. Ukuran otak menjadi lebih kecil karena tugas menghafal dan berpikir lebih banyak dilakukan oleh komputer.
    d. Mata akan semakin besar untuk mengkompensasi mulut yang semakin kecil. Sehingga komunikasi akan bergantung pada ekspresi wajah dan gerakan mata.
    e. Memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit. Bahkan bisa mendapatkan nutrisi dari cairan atau pil di masa depan, yang berarti gigi semakin kurang dan rahang akan surut.
    f. Memiliki bentuk hidung yang sama karena iklim yang kurang berpengaruh.
    g. Rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik.
    h. Timbul toleransi tinggi tubuh manusia untuk menerima benda-benda asing dalam tubuhnya. Teknologi tidak lagi digunakan untuk menggantikan bagian tubuh yang rusak, akan tetapi teknologi mulai secara sengaja digunakan untuk menggantikan organ tubuh untuk meningkatkan kemampuannya. Pada otak kita mungkin dicangkokkan interface elektronik yang memungkinkan kita berinteraksi dengan perangkat komputer. Jika kita mencari informasi, mungkin kita mempunyai pilihan mencari di memory otak kita atau mencarinya lewat Google hanya dengan kehendak kita. Atau kita tidak mungkin lagi tersesat karena Google Map ada dalam benak kita dan kita selalu terhubung ke Internet.
    > Terdapat Kehidupan Selain di Bumi
    Para astronom berpendapat bahkan yakin bahwa planet Mars berpeluang besar memiliki kehidupan. Karena planet Mars sendiri dianggap sama atau kembar dengan bumi kita ini. Planet Mars merupakan planet yang berada di balik bumi kita. Jika di tinjau dari letak jaraknya terhadap matahari, Mars memiliki garis tengah separuh dari bumi kita, dan berputar sekeliling matahari dalam jangka waktu dua tahun. Namun ukuran hari di Mars berlangsung hampir sama panjangnya dengan panjangnya hari di bumi kita ini.
    > Transportasi dan Jalan Raya
    Mungkin dimasa yang akan datang mobil ataupun sejenis transportasi lainnya tidak akan menghadapi kemacetan lagi. Hal ini dikarenakan dengan jalan yang semakin luas atau semakin tinggi bahkan mobil yang sudah bisa berjalan diudara (terbang) diiringin dengan teknologi yang semakin canggih dan cepat.
    Dan mungkin masih banyak lagi hal yang bisa diprediksi akibat dari adanya perkembangan IPTEK bagi manusia. Sekian pendapat dari saya.
    Wassalammualaikum.wr.wb

  28. Bareta Ade Kurnia berkata:

    Nama : Bareta Ade Kurnia
    NIM : 07121001069

    Evolusi Manusia Masa yang Akan Datang
    Akibat Pengaruh Teknologi

    Seperti yang kita ketahui, setiap makhluk hidup mengalami perubahan. Baik perubahan secara lambat (evolusi) maupun perubahan secara cepat (revolusi). Manusia mengalami perubahan di semua aspek, terutama di bidang teknologi. Pada dasarnya, sejak dulu teknologi sudah ada dan manusia sudah menggunakan teknologi. Namun, teknologi pada masa itu masih sangat sederhana. Namun, seiring berkembangnya zaman, teknologi maju semakin pesat dan kegiatan manusia pun sudah banyak dibantu dengan teknologi. Perkembangan teknologi tidak dapat terlepas dengan berkembangannya ilmu pengetahuan.
    Kemajuan teknologi yang pesat menimbulkan efek negative dan efek postif bagi perkembangan makhluk hidup, ergangung bagaimana manusia mengelolah teknologi yang sudah ada dan mengembangkan teknologi yang baru.
    Tidak semua teknologi yang diciptakan dapat membawa dampak yang positif dan tidak semuanya membawa dampak negative bagi kehidupan manusia. Banayk sekali teknoloi yang diciptakan sebenarnya untuk sesuatu yang bersifat positive, namun akibat pengelolaan yang tidak baik, dan penyalahgunaan manfaat teknologi tersebut menimbulkan dampak negative bagi kehidupan.
    Menurut pendapat saya, ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada manusia pada masa yang akan datang akibat berkembangnya teknologi. Kemungkinan yang pertama adalah teknologi akan dikuasai oleh manusia dan kehidupan di dunia hampir seluruhnya dibantu dengan teknologi, namun teknologi yang diciptakan hanya untuk membantu meringankan beban kerja manusia. Hal ini dapat terwujud apabila manusia dapat dengan bijak memanfaatkan teknologi yang telah ada dan mengembangkan teknologi tersebut.
    Kemungkinan yang kedua adalah teknologi akan mengendalikan setiap kegiatan manusia, sehingga pada akhirnya manusia akan terlena dengan segala teknologi yang telah ada dan manusia akan ketergantungan dengan teknologi yang telah diciptakannya. Apabila manusia terus terlena dan terus dimanjakan dengan teknologi yang berkembang pesat, maka hal itu dapat menimbulkan dampak yang negative bagi perkembangan manusia. Banyak sekali efek yang ditimbulkan apabila manusia memanfaatkan teknologi tidak bijak. Dampak negative tersebut disebabkan oleh mobilisasi manusia yang sangat minim karena terlena akan teknologi yang sudah ada.
    Jadi, alangkah baiknya apabila manusia dapat memanfaatkan teknologi secara bijak, agar teknologi yang telah diciptakan tersebut tidak membawa dampak yang negative bagi perkembangan manusia. Manusia harus arif dalam memanfaatkan teknologi agar, manusia tidak dikendalikan oleh teknologi dan manusialah yang akan mengendalikan teknologi yang telah diciptakannya.

  29. FERISA REZKY ANINDYA berkata:

    NAMA : FERISA REZKY ANINDYA
    NIM : 07121001105
    MPK : IV

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Pembahasan ” EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK ”

    Pengertian teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan – akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra dan otak manusia.
    Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, kemajuan tekrnologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi – inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak – dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam peradaban manusia.

    Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:
    a. Kita akan lebih cepai mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
    b. Kita dapat berkomimikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
    c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
    Disamping keuntungan keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
    a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
    b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
    c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh lnformasi tentang tes psikologi, dan be.hlcan dapat memperoleh lxya,nan tes psikologi secara langsung dari internet.
    d. Kecemasan teknologi Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi ‘ komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modeminternet karena disambar petir.

    Kemajuan teknologi memang tak pelak telah semakin memudahkan manusia. Hal-hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin kini berkat kemajuan teknologi telah mampu dilakukan oleh manusia. Selain itu, para ilmuwan dan praktisi teknologi kini berlomba-lomba untuk menemukan terobosan di berbagai bidang yang akan makin memajukan kualitas dan memudahkan hidup manusia. menyampaikan prediksinya akan 10 teknologi yang akan merubah dunia dalam waktu 10 tahun mendatang sebagai berikut :

    1. Internet untuk Benda-Benda

    Dave memprediksikan bahwa pada tahun 2020 jumlah benda-benda keseharian dalam hidup kita yang terhubung ke Internet akan mencapai 50 miliar benda. Ini termasuk PC, tablet, ponsel, dan lain sebagainya. Dengan kemajuan IPv6 hal ini tidak akan sulit dilakukan.

    + Dimana yang saya lihat , bahwa sekarang saja kita telah merasakan perubahan itu secara perlahan. tak di pungkiri setiap manusia memilki benda kecil yang sangat berfungsi dan semakin berkemabang untuk diri sendiri maupun sekitar kita.
    sehingga sangat memudahkan manusia dengan perkembangan teknologi ini .

    2. “Zettaflood”

    Istilah ini menggambarkan banjir aliran data yang semakin meraksasa. 1 zettabyte = 1.000.000 petabyte = 1.000.000.000.000 gigabyte (wow!). Ini sebanding dengan setiap orang di dunia mengirim tweet selama 100 tahun, atau 125.000.000 tahun acara TV berdurasi 1 jam. Tentunya dibutuhkan infrastruktur dan perangkat jaringan yang dapat melakukan aliran data yang sedemikian besar.
    + proses menuju perubahan yang sangat besar , yang menimbulkan dampak baik buruk bagi manusia itu tersendiri , tergantung dengan apa yg mereka pakai dan berfungsi untuk apa .

    3. Komputasi Awan (Cloud Computing)

    Komputasi awan saat ini masih dalam tahap awal, tetapi Dave memprediksi pada 2020 sepertiga dari data yang bersirkulasi di dunia akan lewat atau disimpan di sistem komputasi awan. Ini akan membantu untuk penggunaan data yang bersifat seketika (real-time) dan berbasis lokasi (location-based) seperti penerjemahan, pencarian lewat suara, dan sebagainya

    4. Jaringan Masa Depan
    Pada tahun 2020 kecepatan data jaringan yang sampai ke pengguna rumahan dapat berlipat ganda hingga 3.000.000 kali dari sekarang. Selain itu, riset-riset intensif juga dilakukan untuk pencarian protokol jaringan yang baru, misalnya untuk keperluan transfer data antarplanet, atau menggunakan metode yang baru, misalnya menggunakan partikel kuantum untuk melakukan“quantum networking”.
    + Jaringan merupaka sistem , sistem yang menguhubungkan jutaan bahkan miliyaran manusia yang ada di dunia , untuk saling memberikan informasi.

    5. Dunia yang Mengecil

    Perkembangan jejaring sosial telah memicu banyak perubahan dalam masyarakat dunia. Revolusi sosial di dunia Arab (Arab Spring) adalah salah satu contohnya. Perkembangan ini akan menjadi semakin dominan di tahun 2020. Selain itu, dunia yang mengecil berarti penyebaran informasi akan lebih cepat dari sebelumnya. Peringatan tsunami dan bencana alam lainnya akan bergerak dari near-time menjadi real-time.
    + dunia yang mengecil ? menurut saya , mengapa dunia semakin mengecil ketika teknologi semakin berkembang . yaa itu dikarenakan bahwa selama ini kurangnya pengetahuan manusia akan luasnya kuasa Tuhan kita , perlahan manusiapun sadar ketika semua dinyatakan dalam bentuk penelitian dan diwujudkan sebagai informasi.

    Cepat Atau Lambat Perkembangan ini akan terus berjalan menuju perubahan yang sangat besar ,
    namun baik buruk perubahan itu tergantung di tangan kita , karena semua jalan yang lurus akan tertuju kita kita menjalani dengan sungguh-sungguh.

    Wassalamualaikum.Wr.Wb

  30. Devina Ratna Suryani (07121001009) berkata:

    Nama : Devina Ratna Suryani
    NIM : 07121001009
    Jurusan : Ilmu Administrasi Negara
    Mata Kuliah : Ilmu Kealaman Dasar
    Dosen : Dr.Sanjaya
    MPK IV

    Evolusi manusia dimasa yang akan datang akibat pengaruh teknologi
    Berbicara soal teknologi memang seperti tidak ada habisnya karena teknologi sendiri berkembang dengan sangat pesat mengikuti perkembangan zaman. Teknologi saat ini sudah sangat akrab dengan keseharian setiap manusia, baik itu orang dewasa, remaja bahkan anak-anak sekali pun. Kemudian teknologi itu sendiri memiliki berbagai macam fungsi yang tentu saja sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mulai dari membantu memudahkan pekerjaan dikantor, membantu mengerjakan tugas sekolah, membantu kita mencari informasi dari internet bahkan dengan teknologi kita bisa berkeliling dunia hanya dengan duduk dirumah saja.Sebut saja handphone, sebuah alat kecil dan kalau orang awam mungkin menganggap handphone sebagai pengganjal pintu, tapi saya rasa tidak ada yang beranggapan begitu karena hampir semua orang mengenal barang yang satu ini. Piranti pintar yang satu ini memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang. Mungkin saja bisa dikatakan bahwa semua orang telah memiliki alat yang satu ini, walau pun kecil tapi mempunyai pengaruh yang besar
    Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia. Dewasa ini, telah menjadi sebuah kekuatan otonom yang justru ‘membelenggu’ perilaku dan gaya hidup kita sendiri. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar, karena ditopang pula oleh system-sistem sosial yang kuat, dan dalam kecepatan yang makin tinggi, teknologi telah menjadi pengarah hidup manusia. Masyarakat yang rendah kemampuan teknologinya cenderung tergantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kecanggihan teknologi.
    Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
    Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
    Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
    Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
    Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
    Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan.

  31. Angga Sukma Aji berkata:

    NAMA : ANGGA SUKMA AJI
    NIM : 07121001125

    Manusia pada saat ini telah mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam usaha untuk mensejahterakan kehidupan mereka. Hal ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari –hari dimana kini manusia dalam melakukan kegiatan maupun pekerjaannya sudah mulai banyak menggunakan teknologi untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan mereka tersebut. Jika kita bandingkan dengan kehidupan manusia pada zaman dahulu maka kehidupan manusia pada saat ini sudah sangat dimanjakan dengan teknologi yang sudah ada.
    Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi pada saat ini dapat kita katakana cukup pesat. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penemuan – penemuan baru dibidang teknologi pada kurun waktu yg cukup singkat. Jika melihat dari kecepatan perkembangan teknologi pada saat ini, maka bukan tidak mungkin dalam beberapa dekade kedepan manusia akan semakin dimanjakan dengan berbagai peralatan teknologi dan juga tidak mungkin jika robot dimasa yang akan dating sudah mulai menjadi sempurna dan dapat menggantikan peran manusia untuk mengerjakan pekerjaan yang berat ataupun pekerjaan rumah tangga sederhana.
    Jika kita berandai – andai bagaimana kehidupan manusia dimasa depan, maka beberapa hal yang mungkin akan terjadi diantaranya adalah sebagai berikut :
    1. Robot sudah mulai menggantikan peran manusia.
    Maksudnya disini adalah robot sudah menggantikan manusia untuk mengerjakan pekerjaan berat ataupun sebagai pelayan manusia, seperti pelayan restoran, pembantu rumah tangga, dll.
    2. Alat – alat transportasi yang semakin beragam dan cepat.
    Dengan perkembangan teknologi yang cepat maka kendaraan pun akan semakin berkembang dan semakin cepat. Contohnya saja seperti kereta supersonic yang lebih cepat dari shinkansen, atau mungkin alat teleportasi sudah ditemukan sehingga manusia dapat berpindah tempat secara instan.
    3. Perjalanan menjelajah alam semesta menjadi lebih mudah.
    Dengan ditemukannya teknologi untuk membuat pesawat ruang angkasa dengan kecepatan cahaya dan teknologi warp yang memungkinkan untuk menempuh jarak milyaran kilometer dalam waktu sekejap maka perjalanan menjelajah ruang angkasa untuk mencari planet baru akan semakin mudah.
    4. Sistem komunikasi informasi yang semakin canggih dan mudah.
    Dengan semakin majunya teknologi maka perkembangan dalam bidang komunikasi dan informasi pun akan ikut semakin maju pula. Alat komunikasi yang semakin beragam dan canggih. Misalkan saja seperti teknologi hologram yg dapat memproyeksikan wajah atau tubuh kita sehingga lebih detail dibandingkan webcam dan juga penyebaran informasi yg semakin cepat dan real time dari seluruh dunia dengan teknologi yg sudah semakin maju.
    5. Gadget – gadget canggih semakin mudah untuk didapatkan
    Dimasa depan gadget canggih sudah mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau oleh semua kalangan sehingga semua orang dapat memilikinya. Oleh karena itu sudah tidak aka nada lagi orang yg gaptek karena teknologi pada saat itu sudah semakin bersahabat dan gampang untuk didapat.
    6. Teknologi cloning dan rekayasa genetik
    Dengan kemajuan teknologi yg maju teknologi cloning akan dapat dilakukan dengan sempurna meskipun hal itu masih menjadi kontroversi. Manusia seperti akan dapat membuat duplikat dari manusia lainnya ataupun membuat kembali peliharaan kesayangan mereka yang sudah mati. Selain itu rekayasa genetik juga semakin banyak dilakukan untuk membuat manusia yang lebih baik dan sempurna dengan merubah susunan genetisnya.

  32. boy manurung berkata:

    NAMA : BOY MANURUNG.
    NIM : 07121001042.
    JURUSAN : ILMU ADM.NEGARA.
    FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
    MATA KULIAH : ILMU KEALAMIAN DASAR.
    MPK : IV.

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Menurut saya,evolusi manusia 100-200 tahun yang akan datang,itu akan sangat tampak.Mengapa?.Kita lihat sekarang ,zaman semakin modern.Perkembangan IPTEK sangat luar biasa cepat.Dan pegaplikasian IPTEK itu dalam kehidupan sehari hari semakin tampak sangat jelas sekali.sebagai contoh,negara Jepang.Negara ini merupakan salah satu pusat perkembangan IPTEK.Di negara ini,IPTEK tumbuh sangat subur.Hampir seluruh aspek kehidupan disisipi oleh yang namanya IPTEK.Boleh dikatakan,bagi negara yang maju dalam bidang teknologinya,yang lebih aktif itu hasil temuannya.bukan manusia nya lagi.
    Nah,hal inilah yang memicu perubahan pada fisik,dan sosialisasi pada manusia.Menurut saya,perubahan yang terjadi pertama sekali itu pada bentuk kepala manusia.Mengapa demikian?.alasan saya mengatakan demikian adalah,dikarenakan karena pada zaman ini,manusia akan dituntut untuk lebih banyak berfikir daripada bergerak.Manusia akan selalu ambisi untuk menemukan sesuatu.Otomatis,volume otak manusia akan bertambah.Hal inilah yang memicu kepala manusia akan semakin besar.kedu,perubahan itu terjadi pada alat gerak manusia.Yaitu pada kaki dan tangan nya.kita lihat,penemuan robot di dunia ini.Penemuan robot hampir setiap waktu mengalami kemajuan.kita pengen tipical robot yang bagaimana,industri telah mampu membuatkannya.nah,hal inilah yang membuat mobilitas manusia itu menjadi sangat redah.boleh dikatakan,semua serba tekknologi.Maka dampaknya pada tadi,alat gerak manusia.Kaki dan tangan manusia akan cenderung kecil karena jarang digunakan.tinggal panggil robot,robot yang melaksanakan aktivitasnya.
    Dan jika dibayangkan,kehidupan manusia akan sangat luar biasa.menurut saya,robot la yang akan menguasai dunia.manusia akan hidup menjadi orang rumahan,dan robotlah yang akan kelihatan berkeliaran di luar sana.Disisi lain,saya juga mengamati masalah sosialisasi manusia kelak.Disini jelas bahwa sosialisasi manusia akan sangat berkurang jauh sekali.boleh dikatakan bahwa kehidupan 100-200 tahun yang akan datang,hidup tak mau tau.
    Inilah pengamatan saya mengenai evolusi manusia 100-200 tahun yang akan datang.

  33. junus sinurat berkata:

    NAMA :JUNUS SINURAT
    NIM :07121001061
    TUGAS :ILMU KEALAMIAN DASAR
    MPK :IV

    EVOLUSI MANUSIA MASA DEPAN AKIBAT PERKEMBANGAN IPTEK

    Menurut saya Evolusi atau Perubahan merupakan suatu hal yang di inginkan oleh semua orang. Apalagi perubahan yang terjadi adalah perubahan yang bersifat positif dan dapat membantu manusia dalam melaksanakan aktivitas. Hanya saja perubahan itu sering tidak bisa kita kendalikan sehingga perubahan itu dapat merusak diri kita sendiri.
    Apalagi perubahan yang akan terjadi 100 tahun lagi. Tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

    Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar
    biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang
    sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa
    digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah
    mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang
    menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru
    aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan
    otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata,
    kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan
    dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat
    manusia.
    Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan
    iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang
    bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari
    kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia
    kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan
    kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula
    menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan
    kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering
    manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat
    manusia.
    Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan,
    tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu
    menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar
    kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja
    iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa
    mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.

    Jadi menurut pendapat saya, evolusi manusia masa depan akibat dari perkembangan iptek adalah sebagai berikut ini:

    1. MANUSIA ROBOT
    mungkin 100 tahun lagi akan ada manusia robot yang dapat menyerupai manusia dan berperilaku pesis seperti manusia.sehingga manusia tidak akan terlalu repot dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
    tentu kita tidak dapat membayangkan apabila 100 tahun lagi ada manusia robot yang sama dengan manusia.

    2.KENDARAAN BER BAHAN BAKAR LISRIK.
    Kendaraan yang biasa kita pake selama ini mungkin tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak, melainkan menggunakan energi listrik. Yaitu dengan cara ngecas baterai yang ada pada mesin. Karna lambat laun minyak mentah yang ada di muka bumi ini akan habis. Sehigga menyebabbkan manusia menggunakan energi listrik untuk bahn bakar kendaraan.

    3.RUMAH PINTAR
    maksudnya adalah tempat tinggal kita yang sering kita sebut “rumah” mungkin tidak seperti rumah-rumah kita sekarang ini. Melainkan rumah-rumah yang dilengkapi dengan tombol-tombol serba otomatis, sehingga akan memudahkan kita dalam melakukan aktivitas dan rumah kita akan terjamin keamanannya.. Sehingga rumah ini dalam 100 tahun yang akan datang di sebut dengan rumah pintar.

    4. PLANET BARU UNTUK TEMPAT HIDUP MANUSIA.
    mungkin 100 tahun yang akan datang akan ada planet-planet baru yang yang dapat di tempati manusia untuk tempat hidup. Karna bumi ini akan menjadi lebih panas, sehingga manusia tidak tahan lagi tinggal di bumi.

    5. KENDARAAN PINTAR.
    100 tahun lagi mungkin akan ada kendaraan pintar. Yaitu kendaraan yang dapat kita gunakan sesuai dengan keinginan kita. Baik digunakan di darat; udara, maupun di laut. Sehingga dengan adanya kendaraan ini manusia akan semakin mudah untuk melakukan aktivitasnya.

    demikianlah pendapat yang dapat saya tuangkan dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat.

    terimakasih

  34. ANDREAS MALAU berkata:

    NAMA : ANDREAS MALAU
    NIM : 07121001068
    JURUSAN : ILMU ADM. NEGARA
    RUANG : MPK IV

    Evolusi telah mengubah bentuk manusia masa lalu menjadi bentuk yang sekarang Anda lihat.Setiap perubahan tersebut terjadi akibat dari perubahan gaya hidup dan kebiasaan lainnya, termasuk juga pola makan, cara berpikir,dll.Evolusi masih terus terjadi hingga sekarang. Prediksi bentuk tubuh manusia beberapa abad mendatangnya pun dilakukan.Berikut adalah prediksi gambaran tubuh manusia beberapa abad kedepan.

    1. Manusia akan menjadi lebih tinggi, sekitar 180-210 cm, karena faktor gizi yang lebih baik dan kemajuan ilmu kedokteran. Buktinya bisa diliat saat ini bahwa tinggi rata-rata orang Amerikasaatini adalah sekitar satuinci lebih tinggi dari tahun 1960 lalu.

    2. Lengan dan jari lebih panjang untuk mennggapai suatu objek yang jauh. Saraf di tangan dan jari-jari akan meningkat karena penggunaan perangkat yang lebih besar seperti iPhone yang membutuhkan koordinasi mata-tangan yang kompleks.

    3. Ukuran otak menjadi lebih kecil karena tugas menghafal dan berpikir lebih banyak dilakukan oleh komputer.

    4. Manusia 1000 tahun mendatang akan memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit.

    5. Penggunaan pemanas dan pakaian hangat membuat manusia masa depan memiliki rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik.

    6. Tulang manusia akan menjadi kurang kokoh, hal ini disebabkan manusia akan jarang terpapar matahari dan tulang tersebut lebih lunak dibandingkan sekarang.

  35. dedy kesuma berkata:

    Nama : Dedy Kesuma
    NIM : 07121001064
    Makul : Ilmu Kealaman Dasar
    MPK IV

    ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN “KEJAHATAN” ???

    Mungkin banyak artikel-artikel di internet bahkan juga buku-buku yang menjelaskan bagaimana fenomena Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di masa depan atau di masa yang akan nanti. Banyak yang sudah menjelaskan mengenai apa saja dampak dan peranan yang akan dilakukan oleh “Si IPTEK” tersebut pada masa sekarang atau 50 tahun lagi bahkan 1000 tahun lagi. Tentu saja itu melihat dari yang apa yang terjadi sekarang di dunia yang semakin maju namun “Terkikis” ini. Diantara banyak Penggambaran atau pendeskripsian itu yaitu :

    1) Robot-robot yang akan berkuasa di masa depan, manusia tidak lagi melakukan kebiasaan-kebiasaan yang seharusnya bisa mereka lakukan sendiri, dimasa itu manusia sudah semakin manja ingin melakukan semuanya dengan cara yang instan, dan akibatnya melupakan dari beberapa fungsi tubuh yang seharusnya dapat dipergunakan dengan selaku ciptaan dan karunia dari tuhan. Seperti beberapa film yang pernah saya tonton tentang kejadian d masa yang akan datang, robot-robot itu yang akan balik berkuasa dan memimpin manusia dan akan membuat kerusakan di Bumi ini, akhirnya manusia akan kalah dari “Barang” yang mereka ciptakan sendiri. Miris bukan ?? Sangat.

    2) Selanjutnya yang tidak kalah heboh menurut pemikiran saya adalah bahwa manusia di masa depan akan berhasil membuat mesin waktu atau merangkap sebagai mesin yang dapat membuat kita berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan sangat cepat. Coba bayangkan jika di masa depan manusia bisa kembali ke masa lalu atau bisa datang ke masa depan dengan sesuka hati, mungkin manusia di Bumi tidak ada yang namanya galau lagi karena diputus cinta, mungkin juga semua kesedihan yang ada pada manusia di Bumi ini sudah lenyap, tentu jika semua manusia merasa bahagia tanpa adanya kesedihan akan membuat keseimbangan di dunia ini berubah. Tidak ada lagi yang namanya kerja keras untuk mendapatkan sesuatu, semua siswa akan lulus Ujian Nasional karena telah melihat kunci jawaban di masa depannya dan semua orang akan berhasil dalam menggapai citanya dengan mudah tanpa adanya kerja keras. Padahal kita tahu ada sebuah kata mutiara “Jika kegagalan adalah hujan dan kesuksesan adalah matahari, maka dibutuhkan keduanya untuk melihat matahari”

    3) Kemudian dimasa teknologi yang semakin maju nanti, manusia akan berbondong-bondong untuk pindah rumah. Jika pindah rumah di luar kota atau luar negeri itu sudah biasa, namun yang akan mereka lakukan adalah pindah rumah ke luar Planet. Nahh bagaimana bisa itu ? Tentu bisa. Mereka akan menganggap bahwa Bumi sudah bukan merupakan tempat yang nyaman lagi, dan mereka akan mencoba sesuatu yang baru. Bahkan menurut berita yang pernah saya baca, seorang pengusaha asal Amerika Serikat berencana untuk membuat Hotel di Bulan. Wow Hebat bukan ? Menginap di Hotel yang ada di Bumi saja belum apalagi yang ada di Bulan.

    4) Pengetahuan dan Teknologi semakin canggih, Kejahatan ?? Tentu Nahh yang ini adalah permasalahan yang terakhir. Menurut saya dengan adanya IPTEK yang semakin maju dan canggih, kejahatan dan atau kriminalitas juga semakin canggih. Di zaman sekarang saja manusia sudah banyak yang tidak lagi merampok dengan cara lama, dengan mengetahui nomor rekening seseorang saja mereka sudah bisa menguras habis isi rekeningnya. Betapa hebatnya teknologi sekarang, di masa yang akan datang terorisme juga semakin canggih, mungkin mereka bisa membajak pesawat Amerika dan menabrakkannya ke Gunung Salak hanya dengan menggunakan seperangkat computer saja. Mungkin saja, siapa yang tahu ? tidak ada kan karena masa depan adalah MISTERI.

    Jadi kesimpulannya adalah, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak selalu menghasilkan dampak yang positif, namun juga dampak yang negative. Tapi kembali lagi ke pribadi masing-masing setiap orang. Jika orang itu baik, tentu akan menggunakannya untuk kebaikan. Dan juga sebaliknya, jika orang itu jahat maka akan digunakan untuk kejahatan pula. Namun adakalanya IPTEK yang awalnya digunakan untuk kebaikan malah berbalik menjadi sebuah keburukan. Dan begitu juga sebaliknya, IPTEK yang awalnya digunakan untuk kejahatan akan berganti menjadi sesuatu yang bermanfaat. Lagi-lagi itu semua tergantung niat masing-masing

  36. NAMA :IMAM M DICKY
    NIM :07121001129
    TUGAS :ILMU KEALAMIAN DASAR
    MPK :IV

    Menurut pendapat saya evolusi pada manusia masa depan akibat dari perkembangan iptek yang berggerak cepat adalah seperti yang telah kita semua ketahui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan sebutan bagi kemajuan zaman sekarang ini. Dari tahun ke tahun, IPTEK sudah semakin maju dan menjadi pengaruh pada kehidupan manusia. IPTEK pada zaman sekarang sudah semakin maju sehingga bisa membantu pekerjaan manusia. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika manusia yang hidup pada zaman sekarang juga mengikuti perkembangan IPTEK tersebut dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bentu/ekstensi kemampuan diri manusia tetapi malah membelenggu perilaku dan gaya hidup manusia. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

    Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Salah satu contohnya dalam aspek Ekonomi, perkembangan IPTEK dalam aspek Ekonomi tidak hanya memiliki dampak positif saja tetapi juga ada dampak negatifnya. Berikut ini adalah dampak positif perkembangan IPTEK dalam aspek Ekonomi:

    1. Pasar yang sangat terbuka untuk produk-produk ekspor (dengan catatan produk ekspor Indonesia dapat bersaing di pasar internasional). Dengan demikian kesempatan pengusaha Indonesia sangat terbuka dalam menciptakan produk berkualitas yang dibutuhkan oleh pasar dunia
    2. Mudah untuk mengakses modal investasi yang berasal dari luar negeri
    3. Mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum diproduksi di Indonesia
    4. Kegiatan pariwisata akan meningkat sehingga mampu membuka lapangan kerja dan juga menjadi ajang promosi produk-produk Indonesia
    Berikut ini adalah dampak negatif perkembangan IPTEK dalam aspek Ekonomi:
    1. Masuknya tenaga kerja asing
    2. Hilangnya pasar produk Indonesia karena kalah bersaing dengan produk luar negeri
    3. Usaha- usaha di Indonesia akan mati karena banyak produk impor dipasaran Indonesia
    Tidak dapat kita pungkiri bahwa kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas namun manusia pun harus berhati-hati dengan adanya kemajuan ini karena kemajuan IPTEK ini dapat membelenggu manusia dan merugikan bagi manusia.

  37. bonifasius ginting berkata:

    Nama : Bonifasius Ginting
    NIM : 07121001135
    Mata Kuliah : Ilmu Kealamian Dasar (MPK IV)
    Dosen Pengampu : Dr. Sanjaya

    Evolusi Manusia Akibat perkembangan IPTEK

    Berbicara mengenai evolusi manusia untuk yang akan datang sungguh menarik pastinya. Apalagi perkembangan IPTEK turut mempengaruhi semua hidup manusia. Dan saat ini banyak Ilmuwan yang telah memprediksi yang akan datang pada masa berikut dan bahkan ada yang mengatakan bahwa manusia tidak berevolusi melainkan beradaptasi. Seperti apakah berita itu yang paling gampang diterima? Ini dia..:
    Penyatuan Budaya: Manusia mulai membentuk budaya yang tunggal. Hal ini dipicu oleh Internet, film, musik serta model dari budaya pop dan lainnya.
    Penyatuan Ras. Perkawinan antar ras menjadi hal yang lumrah seiring semakin membaurnya ras manusia.
    Pengganti organ tubuh. Sebagai contoh kita memakai sendi prostetik untuk sendi yang rusak dan jantung buatan untuk menggantikan jantung yang rusak.
    Semua hal bakal diciptakan otomatis. Mulai dari transportasi yang serba cepat dan tepat, bangun tidur yang pasti dan memulai istirahat yang pasti. Tidak adanya dan semuanya bakal diciptakan dengan sarana internet, gadget, tablet.
    Tidak adanya orang tersesat. Bakal dipasang di otak masing – masing orang seperti contoh google maps untuk menghindari tersesatnya seseorang.
    Otak bakal menjadi lembih sempit. Karena pengaruh elektronisasi dan mendapat pengaruh hafalan yang sedikit.
    Ukuran tangan menjadi lebih kecil tuntutan dari touch screen alat elektronik.
    Ukuran mata juga berubah bakal menjadi lebih kecil dan cenderung lebih ke dalam karena pengaruh melihat alat elektronik.

  38. Gandari Neohardika berkata:

    Menurut saya, evolusi manusia masa depan akan lebih mengutamakan IPTEK yang semakin berkembang dan mungkin manusia masa depan akan lupa dengan lingkungan, karena IPTEK yang semakin maju, karena IPTEK sekarang telah menghipnotis sebagian besar manusia sekarang, dan tidak menutup kemungkinan majunya IPTEK masa depan membuat manusia lupa akan lingkungan.

  39. Gandari Neohardika berkata:

    Nama : Gandari Neohardika
    NIM : 07121001016

  40. idwar efrandi berkata:

    NAMA : IDWAR EFRANDI
    NIM : 07121001049
    FAKULTAS : FISIP
    JURUSAN : ADMINISTRASI NEGARA ( MPK IV )
    MATA KULIAH : ILMU KEALAMIAHAN DASAR
    DOSEN : Dr. sanjaya
    EVOLUSI MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN IPTEK
    Disini saya akan membahas lebih tepatnya tentang skenario kemungkinan evolusi yang bisa terjadi di masa depan manusia terhadap perkembangan IPTEK, bukan seribu atau dua ribu tahun, tapi jutaan tahun kedepan (dengan asumsi manusia masih hidup sampai saat itu).
    Dengan berkembang pesatnya IPTEK, manusia sangat tertolong untuk melakukan aktifitas sehari-hari dan manusia tidak terlalu bersusah payah untuk melakukan sesuatu karena telah dibantu oleh teknologi yang canggih, tetapi dengan keadaan tersebut manusia akan menjadi pemalas dan bahkan organ-organ manusia akan tidak berfungsi karena terlalu lama tidak di gerakkan. Berikut contoh-contoh evolusi manusia terhadap perkembangan IPTEK:
    • mungkin jutaan tahun kedepan ditemukannya sebuah kursi roda yang dilengkapi dengan teknologi yang super canggih sehingga manusiaa hanya tinggal duduk saja dan tinggal menekan satu tombol maka apa yang mereka inginkan bisa tercapai, sepeti mau pergi ke luar rumah, manusia tidak perlu berjalan menggunakan kaki lagi tetapi bisa dengan kursi roda sehingga kaki mnusia akan lama-lama kakuh dan saraf-saraf nya akan tidak bisa berfungsi lagi karena jarang digerakkan.
    • Selain itu juga Dokter gigi dari luar negri berpikir manusia 1000 tahun mendatang akan memiliki gigi lebih sedikit karena makanan semakin lembut sehingga tidak banyak mengunyah dan menggigit. “Kita bahkan bisa mendapatkan nutrisi dari cairan atau pil di masa depan, yang bisa berarti gigi semakin kurang dan rahang surut,” .
    • Penggunaan pemanas dan pakaian hangat membuat manusia masa depan memiliki rambut yang sedikit atau botak, tapi akan ada lebih banyak keriput akibat terlalu sering menggunakan perangkat elektronik yang berlebihan.
    • Modifikasi genetik pada manusia di masa ini menyebabkan keragaman spesies manusia, antara yang sudah dimodifikasi kode genetiknya, (Numan) dan manusia murni (tanpa modifikasi) yang sepertinya anti terhadap perubahan modifikasi genetik, perubahan di bidang peradaban manusia dan agama. Namun karena penentangan inilah, para manusia murni mendapat tempat yang sedikit di masa itu, di tengah Numan, dan bisa saja pada akhirnya memicu konflik antara Numan dan Original.
    • Bahkan yang lebih paranya lagi Di masa ini, manusia seperti sudah menyatu dengan mesin, baik tersurat dan tersirat, terbukti dari adanya perangkat tambahan berupa mesin pada tubuh manusia. Meski mesin mesin ini bukanlah bawaan dari lahir (ditanamkan atau implantasi) namun karena sudah terbiasa dengan implantasi mesin pada tubuhnya, akan ada simbiosis mutualisme antara mesin dan manusia, serta pada masa ini juga akan ada kecerdasan buatan yang cukup tinggi intelektualitasnya sehingga bisa saja menjadi bersaing dengan manusia itu sendiri.
    Itulah tadi sekilas membahas masalaha evolusi manusia terhadap perkembangan IPTEk, dari lima contoh diatas mungkin masih banyak lagi akibat-akibat yang terjadi apabila IPTEk terlalu berkembang pesat sehingga pada jutaan tahun kedepan peran manusia akan berkurang dan lebih didominasi oleh teknologi. Seharusnya walaupun teknologi berkembang dengan pesat , kita sebagai manusia harus boleh memanfaatkan teknologi itu tetapi jangan samapai teknologi itu mengambil alih peran manusia sehingga di bumi ini akan dikuasai oleh robot-robot. Yakin dan percayalah bahwa kita manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT itu lebih baik dan lebih sempurna dari pada robot-robot yang mana itu di ciptakan oleh manusia itu sendiri.

  41. Fitri Dwi Yanti berkata:

    Nama : Fitri Dwi Yanti
    NIM : 07121001038

    EVOLUSI MANUSIA TERHADAP PERKEMBANGAN IPTEK
    Kehidupan manusia di masa depan menurut saya akan lebih canggih perkembangan ilmu manusa sangatlah pesat apa lagi di bidang Teknologi Informatika, perkembangan ilmu teknologi dan informatika pada tahun 2050 akan lebih canggih dan modern seperti alat komunikasi yang terbuat dari plastik, besi dan karet yang lumayan besar dan berat di masa depan alat komunikasi akan lebih tipis dan modern sehingga banyak orang-orang yang menyukai teknologi di masa depan. Sedangkan laptop dan komputer akan berubah menjadi tablet pc yang terbuat dari glass, di masa depan menggunaan glass(kaca) akan lebih banyak di gunakan karena glass lebih modern dan lebih ringan.
    Ketika kita akan mengirimkan sebuah data di masa depan tidak perlu lagi menggunakan bluetooth/flasdisk cukup menggunakan sentuhan jari semua data akan terkirim dengan cepat melebihi kecepatan cahaya, semua peralatan yang ada di rumah semuanya saling terhubung yang satu dengan yang lainya seperti manusia manusia yang sedang berkomunikasi karena semua barang barang akan menggunakan sebuah chip komputer yang sanggat kecil yang berisi data-data pemilik barang itu sehingga ketika ada kejahatan chip itu akan berbicara dan semuanya akan terselesaikan dengan mudah dan cepat.
    Teknologi komputer akan di terapkan di segala bidang mulai dari rumah sakit, keamanan, pendidikan, dll semuanya akan menggunakan teknologi komputer dan robot yang di dalamnya ada sebuah chip komputer yang sangat kecil yang sudah di program untuk melakukan sebuah pekerjaan yang telah di tentukan berbentuk fisik robot maupun sebuah komputer fisik.
    Tidak Cuma itu saja kendaraan seperti mobil, motor dan kapal terbang akan mengalami evolusi akan berubah menjadi sesuatu yg memilik jalur tersendiri seperti mobil dan motor yang akan memiliki sebuah jalur udara dan darat tersendiri yang lebih seperti pesawat terbang mini, mobil dan motor yang mengalami evolusi, memiliki sebuah fasilitas yang sangat canggih yang dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain yang di depan maupun yang di belakang dan orang yang di dalam dapat bekerja di dalam kendaraan itu, kendaraan masa depan tidak menggunakan BBM (Bahan Bakar Minyak) listrik melainkan menggunakan sinar matahari sebagai penganti energi.

  42. Anggraini Dwi Wahyuni berkata:

    Nama : Anggraini Dwi Wahyuni
    Nim : 07121001071
    Fakultas/jurusan: FISIP / Ilmu Administrasi Negara
    Mpk : IV

    Evolusi manusia dimasa akan datang akibat Teknologi
    Perkembangan Teknologi yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan Teknologi yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan Teknologi terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa Teknologi mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
    Manusia akan segera memasuki masa depan. Maka dari itu, teknologi bergerak sedemikian cepatnya sehingga dalam waktu tidak lama lagi seluruh dunia akan berubah besar-besaran. Menurut saya di suatu hari nanti, manusia mungkin bisa hidup ratusan tahun tanpa mengenal penyakit, memiliki kecerdasan yang genius, dan pergi bertamasya ke luar angkasa, dan manusia bisa jadi dimasa depan akan dikuasai oleh teknologi karena pada pasalnya teknologi yang bergerak sangat cepat ini akan segera menggantikan manusia, dimana pada amsa depan nanti manusia akan kalah dari robot yang akan semakin banyak, mereka akan menguasai bumi ini jika manusia tidak mengambil langkah dengan cepat.

    Jadi menurut saya, jika membahas mengenai evolusi manusia dimasa akan datang akibat teknologi ini maka menurut saya, ditahun mendatang manusia akan diperdaya oleh teknologi, semua pekerjaan manusia akan diambil alih oleh teknologi dalam bentuk robot, karena pada dasarnya pada saat ini manusia berlomba-lomba menciptakan robot yang dapat membantu dalam hal apapun, kepintaran manusia ini akan memperdaya diri mereka sendiri, nantinya tenaga manusia akan kurang digunakan, misal seperti pembantu rumah tangga, manusia nantinya tidak memerlukan lagi pembantu rumah tangga karena semuanya telah dikendalikan oleh robot. Manusia tidak menyadari kalau ini akan membuat peran manusia dibumi ini menjadi terabaikan dan digantikan oleh kecanggihan teknologi. Ini sama saja nantinya manusia akan dibodohi dengan pesatnya teknologi karena terlalu terlena dan mengandalkan teknologi dalam hal apapun.
    Jadi teknologi ini akan selalu ada di masa depan jadi akan ada pembaharuan teknologi terus menerus, teknologi akan jauh lebih canggih dari pada sekarang, pemampaatan teknologi harus di utamakan. Dan pada masa akan datang, komputer dan internet akan menguasai dunia, semuanya akan menggandalkan robot yg bisa berpikir sendiri seperti ketika daya/energinya akan mau habis dia akan mencari energinya dengan sendiri tanpa suruhan pemiliknya.
    Oleh karena itu, manusia harus lebih waspada lagi karena jika kemajuan teknologi ini terus berjalan pesat maka kemungkinan besar peran manusia akan digantikan oleh robot dan sebagainya, ditakutkan nantinya manusia akan dikuasai. Maka dari itu walaupun teknologi ini membantu manusia dan segi apapun, manusia harus tetap mempunyai peran yang penting dalam dunia ini, jangan sampai nantinya kita akan dibodohi oleh teknologi karena terlalu terlena akan kemudahan-kemudahan.

  43. irahmawati munthe berkata:

    Nama : Irahmawati Munthe
    Nim : 07101001080
    MPK : IV
    Dosen Pengasuh : Dr. Sanjaya

    Evolusi Manusia Masa Depan Akibat IPTEK
    Evolusi adalah suatu proses perubahan makhluk hidup secara bertahap dan membutuhkan waktu yang lama dari bentuk yang sederhana, menjadi bentuk yang lebih kompleks. Diperlukan waktu jutaan tahun agar perubahan tersebut nampak lebih jelas.
    Terdapat dua macam evolusi :
    1. Evolusi Progresif : Evolusi yang menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup.
    2. Evolusi Regresif (retrogresif) : Evolusi yang menuju pada kemungkinan menjadi punah.

    Manusia adalah mahluk yang sempurna dibandingkan dengan mahluk lain. Bentuk tubuh yang sudah dimiliki oleh manusia adalah bentuk tubuh yang sudah kompleks.
    Menurut saya, tidak ada pengaruh perkembangan IPTEK terhadap evolusi manusia. Evolusi bersifat inheritens,yaitu faktor keturunan. Misalnya orang kulit hitam tidak bisa diubah menjadi orang kulit putih secara genetis dan melahirkan keturunan yang kulit putih dan perubahan lainnya yang terjadi akibat gaya hidup masyarakat sekarang tidak akan diturunkan kepada anak secara genetika melainkan secara sosial. Oleh sebab itu iptek tidak mengubah manusia secara evolusi melainkan secara revolusi. IPTEK mengubah sosial, budaya, dan gaya hidup manusia.
    IPTEK mengubah kebiasaan-kebiasaan zaman dulu sekarang diubah oleh kemudahan zaman manusia tidak lagi berjalan kaki menempuh jarak yang jauh. Dengan adanya alat transportasi manusia tidak hanya berdiam di rumah. Dengan adanya mesin ATM manusia semakin sering berjual beli. Dengan adanya jaringan, manusia lebih sering berinteraksi dengan orang lain kapan dan dimana pun.
    Zaman sekarang banyak hal yang dilakukan manusia untuk mengubah bentuk tubuh melalui bantuan IPTEK seperti stimulus tinggi, Stimulus tinggi hanya mengubah hormon pertumbuhan manusia. Bukan secara genetika karena perubahannya terjadi bukan secara alami melainkan karena bantuan dari luar. Sehingga tidak mengubah genetika manusia, sehingga keturunannya disebabkan oleh faktor genetika. Apabila tidak menerima stimulus yang sama maka anaknya tetap terlahir pendek sesuai dengan genetika orangtuanya.
    Jadi menurut saya tidak ada evolusi terhadap perubahan tubuh manusia secara fisik karena pengaruh perkembangan IPTEK. Manusia hanya bisa mengubah sesuatu yang diciptakannya sendiri. IPTEK hanya mempengaruhi hal-hal yg manusia tetapkan sendiri seperti gaya hidup, sosial dan budaya, namun tidak dapat mengubah evolusi karena manusia tidak menetapkan sendiri evolusi nya.

  44. DENI ARIAN NANDO berkata:

    DENI ARIAN NANDO
    07121001054
    FISIP/ILMU ADMINISTRASI NEGARA
    seiring berkembangnya IPTEK yg terjadi pasa masa saat ini hingga terjadinya evolusi manusia pada masa yang akan datang, tentu akan timbul 2 sisi pd kehidupan manusia, yaitu + dan -.
    pd sisi +, dgn IPTEK yg tinggi, semakin kreatif pula generasi muda untuk trus meningkatkan produktifitas dlm bidang teknologi informasi, guna tetap memajukan ambisi untuk terus membuat gaya hidup lebih canggih dan mempermudah proses interaksi.
    Namun pd sisi – nya, manusia akan termakan dan terhanyut dalam kehidupan canggih tersebut, sistem kerja akan dikuasai oleh teknologi itu dan semua urusan kehidupan akan terus bergantung pd teknologi yg tadinya dimaksudkan untuk perkembangan.
    Bukankah manusia dan teknologi itu saling berhubungan? Iya memang, oleh karena itu harus ada penyeimbang diantaranya.
    Kembali lagi kepada individu tsb, bagaimana cara ia untuk tidak dikuasai oleh teknologi melainkan menguasai.
    di masa sekarang, malah banyak remaja bahkan kalangan atas yg telah dikuasai oleh gaya hidup yg mengandalkan teknologi. Memang manusia dgn IPTEK yg tinggi akan semakin maju, namun jika terlalu bergantung, yg ada hanya akan membuat semakin terhanyut.

  45. Jessa Zurandika berkata:

    NAMA : JESSA ZURANDIKA
    NIM : 07121001051
    MPK : 4(Empat)
    Jurusan : Administrasi Negara
    Perkembangan manusia pada masa mendatang, akan membentuk suatu perubahan secara evolusi menyesuaikan keadaan di masa yang akan datang,yang sudah kita ketahui bahwa pada masa yang akan datang permukaan air laut akan terus menaik secara terus menerus , dan akhirnya menyisakan sedikit sisa ruang bagi makhluk hidup untuk hidup di daratan, maka akan terjadi penyesuaian secara fisik pada manusia pada kondisi iklim pada saat itu yang di perkirakan sangat panas, karna menipisnya lapisan ozon di atmosfer yang di perkirakan akan berpengaruh pada manusia secara fisik dan juga hilang nya gunung es semakin menambah cuaca panas yang kian meningkat, rambut rambut yang ada pada tubuh manusia akan mulai hilang, karna kegunaan nya hanya untuk menstabilkan kondisi tubuh di waktu dingin kini telah tidak berfungsi lagi pada suhu yang kian panas, terus terjadi juga perubahan pada ukuran manusia yang kian lama kian mengecil, kontras sekali pada saat manusia di zaman dahulu yang berukuran besar, terus juga terjadi perubahan pada hidung dan teliga yang kian menyesuaikan pada kehidupan dunia air yang sangat luas, dengan membantu proses di saat berenang di dalam air hidung dan telinga spontanitas akan sulit kemasukan air, dan juga pada leher manusia akan terbentuk suatu celah celah pernafasan yang seperti ingsang yang terdapat pada ikan juga membantu bernafas di dalam air,ini saja yang sekira nya dapat saya perkirakan ,semata-mata bukan untuk mendahului tuhan, tetapi untuk memperkirakan tanpa ada jaminan tertentu tentang fakta secara nyata dalam kerasionalan berpikir.

  46. idris akhmad berkata:

    Idris akhmad
    07121001005
    Mpk IV
    Evolusi Manusia di masa depan akibat perkembangan iptek
    Ketika semua jadi sangat mudah, dengan menggunakan iptek manusia bisa melakukan kegiatannya dengan sangat mudah, namun ketika iptek sudah berkembang dengan sangat pesat maka hal – hal yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya dapat terjadi, seperti misalnya seandainya kelak manusia bisa menciptakan robot yang bisa berpikir, bukan tidak mungkin robot itu kemudian berpikir untuk bisa mengendalikan manusia dan mendominasi bumi, atau yang lebih mengerikan lagi jika robot itu berpikir untuk mengakhiri peradaban manusia di muka bumi, dan menggantikannya dengan peradaban mereka.
    Atau mungkin perubahan anatomi dan fungsi – fungsi tubuh manusia seperti yang digambarkan sebuah film animasi produksi Hollywood, yang mana menggambarkan masa depan ketika bumi sudah tidak layak ditinggali sehingga dengan teknologi yang sudah sangat tinggi, manusia dapat tinggal di luar angkasa, dan karena diluar angkasa mereka menempati tempat tanpa gravitasi dalam waktu yang lama maka akhirnya hal itu mempengaruhi fungsi – fungsi organ dan mempengaruhi pembentukan anatomi bentuk tubuhnya, seperti tubuhnya bisa tumbuh lebih tinggi, detak jantungnya melambat, otot – otot ditubuhnya menyusut dan lain sebagainya.

    Kesuburan dari manusia di masa depan akan menurun, kulit manusia lebih cepat keriput, rambut manusia juga akan banyak rontok, ketiga hal ini disebabkan oleh makin banyaknya radiasi yang ditimbulkan oleh alat – alat yang diciptakan manusia, terutama yang memiliki radiasi besar seperti handphone. Selain itu jari – jari akan semakin memanjang karena terbiasa mengetik menggunakan keyboard dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Ukuran otak akan mengecil karena manusia akan semakin sedikit berpikir karena hal tersebut akan digantikan oleh komputer.
    Akan tetapi masa depan tidak selamanya bisa bagus, bisa saja di masa depan nanti akan terjadi hal – hal yang justru buruk, seperti kehancuran akibat perang yang menggunakan senjata – senjata mematikan, penggunaan senjata pemusnah massal yang bisa mengancam kelangsungan hidup manusia di bumi, perang dunia ke 3, tabrakan bumi dengan benda lain seperti meteor yang berukuran raksasa, polusi yang merusak lingkungan di bumi sehingga bumi tidak lagi kondusif untuk dijadikan tempat tinggal makhuk hidup, krisis energi karena habisnya bahan bakar fosil, tenggelamnya sebagian besar daratan di bumi karena efek pemanasan global yang berlebihan.
    Atau bisa saja ketika bumi sudah sangat panas, manusia dengan teknologi yang sudah sangat maju sudah bisa tinggal dibawah tanah sehingga terciptalah kota – kota bawah tanah, karena sah – sah saja kita meramal masa depan, akan tetapi semuanya ada pada sang pencipta, Allahu A’lam.

  47. Deri Syaputra berkata:

    Nama : Deri Syaputra
    Nim : 07121001052

    Assalamualaikum wr.wb
    Sangat menarik sekali pembahasan ini mengenai “Evolusi Manusia Masa Depan Akibat Perkembangan IPTEK ” dimana dapat saya simpulkan dari pembahasan tadi bahwa dampak dari iptek di tengah kehidupan manusia sangat dominan dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesinambungan kehidupan manusia.
    Pastinya di dalam perkembangan iptek yang semakin pesat dan modern pasti ada dampak Positif dan dampak negatifnya.tergantung dari mana kita menganggap segi mana yang lebih dominan, Mau tidak mau manusia harus siap dengan perkembangan IPTEK ,untuk kelangsungan hidup mereka.
    Kita ambil contohnya saja dampak positifnya , dimana perkembangan aplikasi kompute pun semakin canggih dengan timbulnya aplikasi baru seperti recuva yang membantu kita menemukan file data kita yang hilang dan juga perkembangan kendaran yang mulai memakai teknoloagi yang ramah lingkungan.
    dan kita ambil contoh damapk negatifnya , dimana manusia sering menyalahgunakan perkembangan iptek , seperti membuat produk2 pemasaran yang limbahnya mencemari lingkungan penduduk , akibatnya kelangsunagn hidup pun menjadi terganggu dan tidak stabil dan timbullah penyakit baru .
    jadi bisa saya di simpulkan bawha perkembangan iptek dalam evolusi manusia ini sangat membantu ,jika manusia dapat memngelolanya atau mengunakanya dengan baik , sebaliknya jika manusia tidak dapat mengelolanya dengan baik maka dampak negatif dari Iptek pun akan semakin banyaki dan mempengaruhi kesinambungan hidup manusia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s